Pasang IUD di Puskesmas Yogyakarta

           
Pasang IUD di Puskesmas Di Yogyakarta

Pasang IUD di Puskesmas Yogyakarta

         



 Saya mau berbagi info nih. Ceritanya kemarin baru saja pakai IUD. Karena alasan medis, Dimana paska melahirkan anak ke-6 kemarin yang terjadi pendarahan pasca lahiran. Saya diminta untuk memberi jarak untuk kelahiran berikutnya. Uhuk, pengen nambah lagi sih sebenarnya. Hahahaha. Lalu saya pikir sementara untuk pasang IUD dulu.


Jadi setelah baca sana, baca sini. Gugling nyari info tentang kontrasepsi akhirnya saya sepakat pake IUD. Karena memang sementara ini IUD termasuk alat kontrasepsi yang tidak menggunakan hormon dalam metode kerjanya.

Saya sempet nyari info di beberap RS di sekitaran Jogja untuk pasang info. Karena setiap RS harganya beda-beda. Yang masang bidan beda harga sama kalau yang pasang DSOG. Sempat mau pasang di RS PKU Yogyakarta. Setelah kesana diminta nunggu paska haid. Dimana mulut rahim setelah masa haid itu lebih lunak gitu.




Kemudian nyari info di klinik bidan terdekat. Sudah kesana eh bidannya sudah berangkat kerja ke puskesmas. Karena mulai jam 7 keatas bidannya tugas di Puskesmas dan untuk pemasangan IUD tidak diserahkan ke bidan magang. Dua kali kesana kecelek. Alias ga ketemu bidannya. Maklum ya kurang pagi datangnya. Dan kalau sore kesorean.
Akhirnya ditawarin pasang di puskesmas. Jamnya pas jam kerja. Ga harus pagi atau sore. Okelah kalau begitu.
Saya daftar di Puskesmas  Banguntapan I yang deket sama rumah. Daerah pasar Ngipik ke timur dikit. Pemasangan IUD setiap hari Rabu.
Datang ke Puskesmas saat hari Rabu. Kemudian daftar di loket pembayaran. Bayar uang pendaftaran Rp.5500 saja. Oia Puskesmas ini sudah bangunan mandiri dan baru saja selesai renovasi. Bangunannya sekarang lebih megah sih. Dan bersih yang pasti.
Lalu kemudian saya antri di bagian Ibu dan anak di sisi timur. Setelah antri saya kemudian diperiksa. Oia, sebelum dipasang kita akan diminta ngisi form dulu. Di tanya juga tentang sedikit riwayat medis. Mulai dari usia, jumlah anak, riwayat persalinan dan sebagainya. Berat badan ditimbang termasuk tekanan darah juga di ukur.

Setelah selesai isi form saya kemudian  diminta membayar retribusi untuk pemasangan IUD melalui jalur umum (bukan  askes atau BPJKS) senilai  26.500 saja. APA? Cuman segitu. Iya bener cuman segitu. Kaget pastinya.
Karena sebelumnya saya sudah nyari info di beberapa RS dan klinik bidan. Dan harganya lumayan uwow. Rata-rata biaya pemasangan di RS Swasta yang saya survey diatas tujuh  Ratus Ribu (700.000). dan Klinik bidan mulai 300-400 ribu untuk yang  penggunaan jangka 10 tahun. Dan untuk penggunaan jangka 5 tahun mulai 500 ribu. Kagetlah saya ketika di Puskesmas bayarnya hanya segitu ga nyampe 30.000.


Padahal dari rumah saya sudah jaga-jaga duit sekisaran itu. Wuih untungnya banyak dong emak. Hahaha. Kan mintanya ke si bapak lumayan banyak. Hahahaha.
Setelah bayar ke kasir saya balik lagi ke bagian Ibu dan Anak. Kemudian baru deh IUDnya dipasang. Yang masang bidan ya bukan bidan magang. Ga lama juga. Hanya sekitar 5 menit. Ga sakit juga. Tadinya saya pikir bakalan sakit. Ternyata ga juga.
Pasca pemasangan IUD memang terjadi bleeding sekitar semingguan. Tapi aman kok. Setelah seminggu kita diminta kontrol lagi ke puskesmas. Tenang rasanya ternyata aman-aman saja dan ga kerasa apa-apa.

Nah begitulah pemirsa. Pengalaman saya memasang IUD di Puskesmas. Jadi ga usah khawatir takut pelayan Puskesmas ga profesional.  Sebaiknya sih pas ngisi form konsultasi dengan petugas medisnya. Karena saat ngisi formulir itu kita akan di tanya banyak hal tentang riwayat medis kita. Ga usah takut. Jawab saja dengan jujur. Petugasnya ramah kok. Kemarin saya dapet petugas yang ramah dan nyaman untuk konsultasi. 

14 komentar

  1. ternyata puskesmas melayani pemasangan IUD ya. Aku takut masang IUD :-D

    BalasHapus
  2. Uhuuui.. Akhirnya masang juga.. Kalo udah pasang, ga mah lepas :D

    BalasHapus
  3. ow...itu puskesmas saya juga dulu mbak. eh tetanggaan apa ya kita? cuma skrg saya dah di madiun.

    saya juga pake iud mbak dan baruuu aja copot. pake drama tapi nyopotnya.

    murah banget ya. saya 5 th lalu pasang kena 500 ribuan. nyopotnya aja 200 ribuan di dsog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kalau mudik ke Jogja ketemuan dong berarti kita :)

      Hapus
  4. Saya baru tau kalau bisa pasang IUD di Puskesmas. Kemarin saya pasang di bidan praktek habis 275rb. Mayan murah sih di banding dokter di sini sekitar 1jutaan.

    BalasHapus
  5. kalo saya pake kb susuk 3 tahun Mbak :)

    BalasHapus
  6. aku juga baru aja ganti IUD nih mba...dan masih observasi dengan spottingnya :)

    BalasHapus
  7. Saya pasang di dokter 775rb..huhuhu..
    Awalnya gratis, pas sc dipasang sekalian, tp malah lepas.
    Trus pasang lg di dokter, dikasih katanya yg bagus dan pny suami ga bakal "kepentok"..hihi

    BalasHapus
  8. Mba mau tanya. To masih aman kan kl kb di puskesmas? Byk yg blng suka lepas lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah punya saya aman mb. Sekarang udah tahun 2021 dan waktunya saya ganti IUD nih

      Hapus
  9. Hallo mak, salam kenal ya. Saya masih belum KB karena takut side effect. IUD ini bener2 gak ada side effect sama sekali kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah punyaku udah 5 tahun nih mak. Waktunya ganti ini. Sebenarnya punya saya yang 8 tahun. Tapi dulu bidannya menyarankan ganti 5 tahun sekali. Oia ada saran bagus dari dokter yang pernah saya dapat. Sebaiknya sih ketika pasang iud jangan setelah melahirkan karena kata beliau saat itu jaringan rahim masih terlalu lunak pasca lahiran butuh waktu untuk pemulihan. Jadi beri jarak setahunan lah pasca lahiran itu saran saya.

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.