Jumat, Desember 18, 2015

Emotional Bonding dengan Pijat Bayi



Tumbuh Dengan Cinta Dengan Pijat Bayi


Di rumah kami saat ini bintangnya adalah Miqdad. Suaranya yang ‘wawawawa’ ditambah air liur yang kadang ikut balapan dan gerakannya yang tak bisa diam menjadi hiburan orang-orang dirumah. Umurnya belum genap setahun tapi sudah bisa jalan. Lucunya minta ampun. Makannya banyak. Semua mau. Bahkan daun bayam dicampur ikan asin plus nasi yang diblender saja Miqdad doyan kok, hahaha. Emaknya emang kebangetan kalau ini.

Sudah gitu anaknya murah senyum. Di apa-apain cuman jerit-jerit kegelian nahan ketawa. Apalagi kalau bangun tidur. Meskipun bau ‘asem’ yang nyium sudah antri. Apalagi kalau sudah mandi. Tambah rebutan yang mau nyium. Semua anak saya ketika masih bayi mengalami rutinitas yang namanya dipijat sebelum mandi. Buat saya sih memijat bayi semacam candu. Hahaha. Memijat bayi itu bisa menumbuhkan emotional bonding antara ibu dengan anak. Ga perlu bayi di bawa ke tukang pijat bayi sebenarnya. Karena memijat bayi itu tidak seperti memijat orang dewasa yang biasanya dengan tenaga ‘kuda’ eh tenaga penuh maksudnya biar kerasa. Memijat bayi itu lebih banyak pada elusan sih menurut saya tapi di beri sedikit tekanan. Oia tekannanya tidak bertenaga tapi tenaga cinta, ihir.




Hal yang perlu di siapkan sebelum memijat
1.     Bayi dalam keadaan sehat tidak sakit
2.     Usahakan perut bayi kenyang
3.     Lepaskan perhiasaan yang ada di tangan ibu. Semisal cincin atau gelang
4.     Gunakan minyak atau lotion khusus bayi dan harus sudah dikenal sebagai produsen khusus produk-produk bayi. Biasanya saya pakai produk dari Cusson. Dari zaman anak pertama sampai Miqdad saya pakai Cussons.
5.     Siapkan alas yang bersih dan lembut


Gimana sih memijat bayi?. Sebenarnya banyak buku panduan memijat bayi. Bahkan tutorial pijat bayi juga banyak di Youtube. Suka banget ngeliat tutorial pijat bayi. Apalagi kalau bayi-bayi bule hohoho. Jadi pengen nyiwel. Untungnya Miqdad juga kayak bule, keselek, hahaha.
Memijat bayi itu yang terpenting sih adalah sentuhan ibu ke bayi. Jadi semua bagian tubuh bisa di elus. Perhatian khusus diberikan pada pijatan di bagian perut dan kepala. Tidak asal pijat gitu. Oke sip.



Sebelumnya kita oleskan dulu baby oil  Cussons ke tubuh bayi tetapi hindari bagian mata dan mulut. Nah mari kita mulai pijat memijat kita J
1.     Bagian kaki.
Pijat seperti memeras pakaian. Ah gimana dong, emaknya ga pernah nyuci pake tangan. Biasa nyuci pake mesin. Aish, ga usah bilang-bilang. Apa sih susahnya meras pakaian. Meras isi dompet si bapak aja sanggup, masak pijat bayi ga bisa. Hahaha. Lakukan dengan perlahan. Bergantian kaki tangan dan kaki kiri ya bu.
Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul kemudian kembali. Kemudian, pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari-jemarinya. Pakai jempol saat mengusap bagian bawah kakinya dari tumit ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.

2.      Bagian tangan
Bagian tangan sama seperti memijat kaki bayi. Seperti gerakan memijat kaki bayi. Tetapi dengan perlahan dan lembut. Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangan yang lain. Pijat turun naik mulai dari ujung sampai ke pangkal lengan, kemudian pijat telapak tangannya dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.
3.     Bagian dada dan punggung
Pijatan berbentuk seperti hati. Dari hati yang besar sampai kemudian mengecil. Telungkupkan bayi di atas lantai di atas kedua kaki dan gerak-gerakan kedua tangan naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya.

4.     Bagian perut
Lakukan pijatan bagian perut dengan hati-hati ya bu. Gunakan ujung jari tangan Anda, buat pijatan-pijatan kecil melingkar. Gunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I). Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (hurufL). Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

5.     Cara Pijat di Kepala dan Wajah Bayi.
Angkat bagian belakang kepala bayi dengan kedua tangan dan usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari. Kemudian, gosok-gosok daun telingannya dan usap-usap alis matanya, kedua kelopak matanya yang tertutup, dan mulai dari puncak tulang hidungnya menyeberang ke kedua pipinya. Pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.
Peregangan
Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya. (Peringatan: Gerakan ini bisa membuat membuang gas). Selain itu, pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Ini juga membuat menyembuhkan sakit perut.
(Tutorial pijat bayi bisa dibaca di bidanku.com)
Nah itu sih cara sederhana saya menumbuhkan emosional bonding dengan Miqdad. Kalau rajin bisa di lakukan setiap hari sebelum mandi pagi atau sebelum mandi sore. Tetapi seminggu dua kalipun sudah cukup kok.
Asyiknya kalau habis dipijat gini Miqdad itu jadi enak banget anaknya. Mungkin badannya jadi seger jadi bikin emaknya nafsu buat foto-foto. Hahaha. Habis ceria banget sih jadi keliatan ganteeeng banget. Duh, anak siapa sih ini. Hahaha.
Senengnya foto-foto bayi sehat dan ceria kayak gini bisa diikutin di Cussons Bintang Kecil 4 lo. Duh hadiahnya bikin ngiler, total 1 milyar Maaak. Bisa buat biaya pendidikannya nanti. Udah gitu sekarang ga cuman foto tapi juga ada kategori lomba videonya. Wah asyik banget kan.
Informasi bisa dilihat di sini ya:


-              FB:  https://www.facebook.com/CussonsMumMe.Id/
-              TW: https://twitter.com/cussonsmumme_id
-              Web : http://cbk.cussonsbaby.co.id/
Ayo buruan ibu-ibu lomba foto dan video ini berlangsung sampai 10 Januari 2016 lo. Langsung kunjungi saja ke http://cbk.cussonsbaby.co.id.
 

10 komentar:

  1. ((( Meras isi dompet si bapak aja sanggup, masak pijat bayi ga bisa. )))

    HAHAHAHAHAHAHA MIQDAD TOLONG TITIP CUBIT MBOKMU :))))

    BalasHapus
  2. Miqdaaaad cakeeep.. Ngg heraaan kalau jadi bintaaang :). Ngeliat dia tengkurap gitu kok aku jadi pengen ikutan hihii.. Mauuu dong dipijat jugaaaa :)

    BalasHapus
  3. Wkwkkk... Meras dompet suami lebih jago, bener banget, Mak

    BalasHapus
  4. Miqdad cakep banget, Mbak Irul...
    Moga menang Bintang Kecil-nya ya...

    BalasHapus
  5. Anak siapa sih itu? Cakep bangeet.. ;D *numpang ciuuum

    BalasHapus
  6. wahh coba ah pijet abin juga.. siapa tau jadi mirip bule kyk miqdad hehe

    BalasHapus
  7. ada bayi buleeeeeeeeee..hahaha..aku biasanya pijit ILU aa sih mbakkk

    BalasHapus
  8. Aku paling nggak bisaaa mijit-mijiiiit. Kayaknya sekarang harus belajar2 deh, biar nanti si bebi lahir aku udah bisa mijitinnya. Aku bookmark Mbak, postinganmu ini. :))

    BalasHapus
  9. MIqdad bule banget ,ini mesti emaknya ngidam sama Walker hehehe

    BalasHapus