Menanam Basil dengan Stek Batang



Menanam Basil dari stek batang


Basil saya sudah berbunga yeeeY



Beberapa waktu lalu saya beli seikat daun basil di Supermarket. Lumayanlah harganya cuman enam ribu. Lagian kalau dipikir-pikir seikat basil ga langsung habis sekali masak atau konsumsi. Akhirnya gugling deh bisa ga Basil ini di tanam dengan stek batang. Lumayan kan kalau mau pake tinggal metik.


Baca-baca di internet kalau daun Basil itu sekerabat sama daun kemangi. Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India. (Wikipedia).


Gampang banget nanem basil ini. Pilih daun basil yang batangnya terlihat tua dan sehat alias ga layu atau busuk. Teru rendam dalam gelas yang di beri air bersih. Ganti tiap hari airnya. Kalau punya saya empat hari sudah keluar akarnya terus pindahin ke pot berisi tanah dan kompos. Siram sehari sekali. Oia jangan diletakkan di bawah sinar matahari langsung ya. Kalau punya saya ta taruh di samping jendela dapur. 



Buat apa daun Basil?
Daun basil itu bisa untuk banyak masakan. Bisa untuk pepes ikan sebagai peganti daun kemangi. Untuk sup ikan juga enak. Nah kemarin saya nyoba bikin teh yang ditamabahi sekuntum daun Basil. Wuuuiii ternyata enak dan wanginya khas. 

Jadi hujan-hujan gini nyeduh teh terus metik daun basil dekat jendela dapur terus sambil baca buku atau buka laptop cuci mata buka pinterest sangat recommended. Hahahaha
Bhaaay

14 komentar

  1. mirip daun kemangi ya mbak...

    BalasHapus
  2. iya mak miri kemangi tapi daun basil lebih tebal

    BalasHapus
  3. Pengen nanam-nanam tp ga punya tanah:( pekarangan smua udah disemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak aku nanem pake kaleng susu kàleng lo naruhnya disamping jendela pulak

      Hapus
  4. Wahhh jangan2 kemangi pun bisa di biakkan dgn cara yg sama ya..

    BalasHapus
  5. mbak irul beli biji basil dimana, nih jadi kepengin nanam kayak kepunyaan mbakrul *hayoo tanggungjawab ya :D

    BalasHapus
  6. Saya juga suka belanja beberapa jenis sayuran di Supermarket, seneng liatnya, segar, apalagi kalau susah nyarinya. Lagi cari cara buat nanam daun mint nih, mak. Soalnya ga cepet habis. Ujung-ujungnya cuma kepake setengah atau sepertiganya aja.

    BalasHapus
  7. Baru tauu klo basil masih kerabat kemangi. Trus aku penasaran knp disebut selasih, apa biji selasih juga berasal dr tanaman basil?

    BalasHapus
  8. Oh daun ini bisa buat teh juga ya mak ? Wajib coba .. dan menanam kembali bisa jadi ide yang sangat bagus .. diberdayakan dan kepake buat masak dan segala kebutuhan

    BalasHapus
  9. ternyata basil sama kemangi itu beda ya mbak! Kukira sama aja :)

    BalasHapus
  10. oh aku baru tahu, jadi bisa dibeli di supermarket ya

    BalasHapus
  11. Mau nyoba nanam ahh

    BalasHapus
  12. Mak, kalo di Indonesia basil ini tumbuh sepanjang tahun kah? disini basil cuma saya tanem pas musim panas abis gitu pada kering dan mati. Terus gapapa ya sampe berbunga gitu? kalo disini setiap mau berbunga harus dibuang bunganya biar daunnya gak jadi "tua" gak enak katanya. Seger banget itu basilnya....

    BalasHapus
  13. Ini sejenis daun mint ya mba? Ku kemangi aku nanem juga, tapi kalau basil belum pernah coba. Kayaknya untuk penyegar mulut bagus ya mba..

    BalasHapus