Donat Labu Kuning/Waluh

Donat Labu Kuning



Di rumah kami panganan yang paling sering dibikin itu ya donat. Segala macam donat sering dicoba. Kadang donat kentang, donat ubi ungu dan yang lumayan ngehit ya donat waluh atau labu kuning ini. Rasa manisnya khas ga perlu banyak gula. Seratnya juga ga terlalu keras jadi gampang dihancurin dan menyatu dengan adonan donat. Sudah gitu labu kuning mudah didapat di pasar tradisional. Saya biasanya juga nyetok labu kuning buat MPASI nya si Miqdad. Labu kuning memang bisa dibikin apa aja.

Resep Donat Labu Kuning

Bahan:

Labu kuning 250 gram, kukus haluskan
Tepung terigu 400 gram
Gula pasir 100gram
Telur 1 butir
Fermipan 1 sdm
Susu bubuk 1  sachet
Margarine 35gram
Air es 100ml

Cara Membuat

#campur tepung, gula, labu kuning, fermipan dan margarin.
#tambahkan air es, uleni sampai kalis. Nguleni donat itu sebenernya ga perlu sampai di banting-banting biar donatnya jadi. Dengan kelembutan aja ngembang kok. Apalagi sambil diuleni pake duit seratus ribuan. Cepet ngembangnya. Hahahaha. Itu sih yang nguleni yang semangat. Ok, abaikan
#biarkan adonan mengembang sekitar 20 menitan biasanya sudah ngembang.
# bentuk bulatan sekitar 30 gram. Biarkan mengembang lagi.
#kalau sudah mengembang monggo digoreng. Sebelum di goreng adonan yang berbentuk bulat dilubangi tengahnya pakai tutup botol kecil trus di goreng di minyak yang tidak terlalu panas. Menggoreng donat itu paling enak pakai sumpit dan donatnya ga perlu di bolak balik. Yang penting minyaknya banyak.
#kalau sudah dingin bisa ditaburi gula halus, meses coklat, atau keju parut.


Bon appetit



20 komentar

  1. belum pernah ngincip donat waluh,penasaran mak^^

    BalasHapus
  2. Mak, kenapa tiap dicetak pasti jadi mengecil ya? Bentuknya jadi nggak karu2an,,

    BalasHapus
  3. loh belum mateng nih aku mau nyomot mak :)

    BalasHapus
  4. Dilubangi pakai tutup botol, ya. Aku blm pernah nyoba bikin donat. :D

    BalasHapus
  5. aku pakai gula halus aja ya mak, dua cukup deh nanti yang bayar idah aja hahaha

    BalasHapus
  6. uenak iki...gawekke tah makrul :)

    BalasHapus
  7. Pesan 12 biuah ya Mbak? Nanti di bawain pas arisan ilmu....Alhamdulillah

    BalasHapus
  8. Pasti enak ya bund...secara donat..hehee

    BalasHapus
  9. bisa dicoba nih resepnya buat dirumah nanti :D

    BalasHapus
  10. waaaaaaaaaaaaaaaaa...............mintakk dunk onatnya hihihihi

    BalasHapus
  11. donatmu mulus menul menul Mbakyu, aku kok bikin ada banyak pertengkaran di dalam donatnya..heheee

    BalasHapus
  12. donatnya bikin pengen caplok :)

    BalasHapus
  13. kebayang lembuuut et enaaak....di sini banyak labu hehehe.. coba aah :)

    BalasHapus
  14. Enak banget pastinya... soalnya saya memang pecinta labu kuning,apalagi dimasak kolak ala Makassar huuuuummmm yummyreeek

    BalasHapus
  15. gampang banget ternyata bikinnya ya

    BalasHapus
  16. Wah.. langsung terima pesanan nih... asiiik...

    BalasHapus
  17. Kapan-kapan mau nyoba juga. Penasaran sama rasanya :)

    BalasHapus