Sabtu, Agustus 22, 2015

Catatan Harian Si Emak Dan Anak-anak Mengenal dan Menikmati Buah Lokal Bersama Sunpride


Mengenal dan Menikmati    Buah Lokal Sejak Dini






Angka Obesitas Pada Anak Meningkat Setiap Tahunnya

Jujur saya kadang paranoid dengan fakta-fakta bahwa prosentase anak-anak yang mengalami obesitas meningkat setiap tahun. Data WHO, kasus obesitas di seluruh dunia bertambah lebih dari dua kali lipat sejak 1980. Pada tahun 2008, lebih dari 200 juta orang laki-laki dan hampir 300 juta perempuan mengalami obesitas, serta hampir 43 juta anak dibawah usia 5 tahun kelebihan berat badan pada tahun 2010. Sumber: Agtadwimawanti, Nur Resti. Fakta Tentang Obesitas dan Kegemukan. [internet] 2012. [cited May 29 2014]. http://intisari-online.com/read/fakta-tentang-obesitas-dan-kegemukan)  


Para peneliti dari University Medical Centre di Amsterdam (2005-2007) mempresentasikan dalam Archives of Disease in Childhood menyimpulkan, sekitar 62% anak-anak di bawah 12 tahun yang sangat gemuk atau obesitas sudah memiliki 1 atau lebih faktor risiko dari kardiovaskular. Sekitar dua pertiganya memiliki tekanan darah tinggi, memiliki kadar kolesterol baik yang sedikit, serta memiliki kadar gula darah tinggi yang bisa mengakibatkan DM tipe 2. Sumber: (Anonymous. Fakta Penyakit Jantung pada Anak. [internet] 2014. [cited May 29 2014].  http://parenting.co.id/article/mode/fakta.penyakit.jantung.pada.anak/001/003/640)
Bahkan meningkatnya kebutuhan gula setiap tahunnya dimana Pada tahun 2014 kebutuhan gula nasional mencapai 5700 juta ton http://ditjenbun.pertanian.go.id/setditjenbun/berita-172-dirjenbun--kebutuhan-gula-nasional-mencapai-5700-juta-ton-tahun-2014.html. Wow, nilai yang fantastik sekali bukan?


Badan Kesehatan Dunia atau WHO, menghimbau agar keluarga terutama orang tua lebih pintar dan cermat dalam memilih makanan yang sehat bagi anak-anaknya. Hal ini disebabkan karena preferensi atau kecenderungan untuk menyukai makanan tertentu dibentuk sejak awal masa kanak-kanak dan saat ini orang tualah yang menjadi pengambil keputusan terpenting. Memberikan anak-anak balita makanan yang tinggi kalori, tinggi lemak, tinggi gula dan tinggi kadar garam/natrium merupakan kontribusi utama obesitas di masa kanak-kanak sumber http://www.tanyadok.com/anak/data-dan-fakta-obesitas-anak


Apalagi ibu saya sendiri adalah pengidap penyakit Diabetes melitus sejak 10 tahun lalu. Sehingga saya merasa perlu sekali untuk mengingatkan diri sendiri dan anak-anak untuk lebih memilih makanan sehat sebagai konsumsi harian. Menerapkan ASI eksklusif selama 6 bulan dan menuntaskan ASI hingga 2 tahun untuk semua anak-anak kami. Dan  membiasakan mengurangi cemilan kemasan menggantinya dengan makanan rumahan dan buah lokal. Dan tradisi keluarga yang turun temurun adalah menjadikan buah-buahan sebagai buah tangan jika pulang bepergian atau berkunjung ke kerabat dan sahabat.

Kenapa buah lokal?

Ada banyak alasan kenapa buah lokal
Pertama, Salah satu jargon keluarga kami adalah Being Local. Membiasakan hidup sebagaimana masyarakat sekitar tempat kami tinggal. Selagi itu tidak bertentangan dengan prinsip agama, norma dan masyarakat pada umumnya kami akan menjalaninya. Being local yang paling gampang itu adalah mengkonsumsi makanan lokal. Beruntung tinggal di Indonesia dimana buah-buahan lokalnya yang melimpah ruah. Segala musim buah ada. Musim duren, musim mangga, musim rambutan, musim kawin #eh. Hahahaha. Bahkan ada banyak pilihan buah yang selalu ada tanpa mengenal musim semisal pisang, jambu, pepaya dan masih banyak lagi yang lain.

Kedua, harganya lebih terjangkau. Buah lokal harganya jauh lebih murah dibanding buah impor karena buah impor membutuhkan biaya distribusi yang lebih besar.

Ketiga, buah lokal artinya sama dengan buah yang lebih segar setiap harinya. Karena jika impor akan membutuhkan lebih banyak waktu dalam pendistribusiannya sehingga kemungkinan untuk memakai pestisida lebih tinggi agar aman dari hama penyakit selama diperjalanan. Sebagai sarjana pertanian tentu saya sedikit paham tentang bahaya pestisida kimia bagi tubuh dan lingkungan.

Tradisi mengkonsumsi buah juga menjadi kebiasaan yang ditiru anak-anak. Termasuk untuk MP-ASI my babyboy Miqdad 7m. Saya menerapkan prinsip no gula garam untuk ke-6 anak kami sebelum usia mereka satu tahun. Dan membatasi penggunaan garam dan gula berlebihan pada makanan. Dan seperti prinsip kami untuk being local saya juga membiasakan diri untuk mengolah sendiri makanan kami. Termasuk juga MP-ASI homemade. MP-ASI awal untuk Miqdad sama seperti abang-abangnya dulu yakni puree  buah-buahan lokal. Saya memberi Miqdad buah-buahan  yang kami makan hari itu tetapi dengan porsi kecil dan tekstur yang lebih halus. Saya ingin mengajak anak-anak menikmati buah-buahan segar sebagaimana menikmati permen dan makanan bergula kemasan yang berlimpah di pasaran. Saya yakin kebiasaan yang dimulai sejak dini akan lebih mudah untuk bertahan ketika dewasa kelak.

Nah, agar anak-anak menikmati buah dengan senang hati tentu saja saya memberi tips khusus. Diantaranya menyediakan buah setiap hari dan memberi informasi tambahan dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak. Itung-itung sebagai home education sederhana untuk anak-anak. Pengenalan buah-buahan di isi dengan games yang mengasyikkan untuk mereka. Saya yakin informasi yang mereka peroleh dengan cara seperti ini akan bertahan awet sampai dewasa kelak. Ohya sebagai informasi tambahan saya memilih buah lokal dari Sunpride karena jaminannya sebagai buah dengan kualitas baik dan aman untuk dikonsumsi.

Catatan Si Mamak Bersama Anak-Anak dengan Buah Lokal Sunpride

1.      Hari pertama mengenal manisnya Rock MELON



Hari pertama Home Education saya dan anak-anak adalah menggunting huruf-huruf yang membentuk kata MELON. Kami menyusun huruf-huruf hingga membentuk kata MELON. Juga membuat anagram, mengacak huruf pembentuk MELON menjadi: LEMON, MOLEN, dll.
Dan terakhir sambil makan MELON saya bercerita tentang keajaiban buah melon pada anak-anak.  Semangkuk puree melon juga saya buat untuk MP-ASI Miqdad. Anak-anak mendengarkan dengan perhatian ketika saya mengatakan bahwa melon menjadi buah yang kaya manfaat salah satunya sebagai antioksidan alami yang membantu kulit kita lebih kenyal dan sehat.




2.      Hari kedua segarnya Nanas Honi



. Hari kedua kami menggunting huruf-huruf pembentuk kata NANAS dari kain flanel warna-warni. Kami juga membuat Nanas dari kain flanel. Anak-anak bertanya bolehkah mereka makan nanas?. Tentu saja boleh asal tidak berlebihan. Nanas sangat banyak gizinya diantaranya kaya akan vitamin. Nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, membantu pencernaan.





3.      Hari ketiga berbagi ceria bersama pepaya



Hari ketiga kami membuat maze, menyusuri labirin dari tali rafia untuk menemukan huruf-huruf pembentuk kata P-E-P-A-Y-A. Tak lupa semangkuk puree pepaya untuk MP-ASI Miqdad juga sudah tersedia. Sambil menikmati pepaya anak-anak antusias mendengarkan cerita saya tentang manfaat pepaya bagi saluran pencernaan. Makan pepaya secara rutin membantu kita untuk ‘kebelakang’ lebih lancar lo. Pepaya juga membantu kulit kita sehat lebih lama. Dan penglihatan tajam bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsi pepaya.



4.      Hari keempat bersama renyahnya jambu biji Guava Crystal Sunpride



Hari keempat home education kami isi dengan menyusun potongan sedotan warna-warni untuk membentuk kata jambu biji. Yeay. Jambu biji Sunpride sangat istimewa karena meskipun namanya jambu biji, bijinya hanya sedikit bahkan hampir tidak ada. Dan anak-anak bisa menikmatinya dengan nyaman. Saya menceritakan pada anak-anak bahwa jambu biji mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jambu mengandung vitamin C tinggi yang mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.Dan saya memberi potongan jambu biji dengan potongan agak besar untuk Miqdad sebagai finger foodnya.




5.     Hari Kelima bersama  Segarnya jeruk lokal Sunpride




Hari kelima catatan kami bersama buah lokal adalah bermain menghitung juring pada jeruk. Masing-masing anak mendapat satu biji jeruk kemudian dikupas dan dihitung jumlah juringnya. Anak-anak mendengarkan dengan antusias ketika saya bercerita bahwa jeruk kaya serat dan aneka vitamin. Jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi yang melindungi daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Dan untuk si babyboy saya menyediakan sari jeruk peras dalam botol.



6.      Hari keenam bersama manis dan freshnya semangka




Hari keenam pengenalan buah lokal kami isi dengan membuat puzzle semangka. Ambil gambar di internet diprint terus di lapisi kardus kemudian di gunting menjadi beberapa bagian. Biarkan anak-anak menyusun puzzlenya sampai selesai. Seru banget pokoknya. Sambil cerita kenapa mereka harus makan semangka. Semangka akan membantu menyehatkan jantung, hal dikarenakan buah semangka mengandung Likopen , dimana likopen ini berperan penting bagi kesehatan jantung kita.



7.      Hari ketujuh bersama lezatnya pisang Cavendish Sunpride favorit anak-anak.






Hari ketujuh catatan kami dengan buah lokal adalah membuat cake pisang yang praktis dan enak. Cukup lima bahan saja yang digunakan. Resep saya ambil dari justtryandtaste.com
Bahan:
-          120 gram pisang cavendis matang (sekitar dua buah pisang)
-          2 butir telur
-          50 gram gula pasir
-          100 gram tepung terigu protein sedang
-          60 gram margarin dilelehkan
Cara membuat
·         Hancurkan pisang dengan garpu hingga lumat
·         Kocok telur dengan kecepatan rendah sampai tercampur kemudian kocok dengan kecepatan tinggi bersama gula hingga mengembang.
·         Masukkan pisang lumat dengan cara diaduk balik
·         Tambahkan tepung dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula ya
·         Tambahkan margarin cair aduk balik sampai rata
·         Siapkan loyang 8 X 17 X 6 cm, alasi dengan kertas roti
·         Siapkan oven set suhu 1700C.
·         Tuang adonan dalam loyang panggang 20 puluh menit. Kemudian tambahkan potongan pisang diatasnya sebagai topping. Panggang lagi kurang lebih 15 menit.
·         Keluarkan dari oven biarkan dingin. Potong sesuai selera. Sajikan




Jadi hari ketujuh kami menikmati cake pisang fvorit kami dan untuk si babyboy mendapat puree pisang plus ASI perah. Sambil menikmati cake saya bercerita pada anak-anak betapa hebatnya pisang. Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung. Pisang juga membantu kita untuk berkonsentrasi dengan baik.




Itulah catatan harian kami bersama buah lokal Sunpride. Semua informasi tentang manfaat buah-buahan bisa diperoleh di sunpride.co.id. Disana kita juga mendapat informasi yang akurat kenapa harus memilih buah-buahan dari Sunpride. Dan Sunpride menjamin bahwa semua produk mereka Bebas Residu Pestisida dan Tanpa Formalin. 
Nah,  Selamat menikmati buah-buahan segar dan sehat setiap hari. Sudahkah anda makan buah hari ini?


sumber
- semua foto adalah dokumentasi pribadi yang sengaja tidak diberi watermark. Harap menyebutkan link catatansiemak.com jika ingin meminjam foto-foto ini
- sumber bacaan sunpride.co.id,  www.tanyadok.com/anak/data-dan-fakta-obesitas-anak

21 komentar:

  1. hihihi lucu anaknya jadi model di foto pertama ;) iya saya setuju banget mak harus dibiaskaan makan buah dari bayi biar udha besarnya suka buah dan sayur juga makanan sehat lainnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung, anak2 kalo kompensasinya buah disuruh pose apa aja hayuuuk aja :)

      Hapus
  2. Miqdad suka buah yaa...? Pinternyaa....
    Btw.. sunpride itu adanya di kota besar aja ya dek irit... kayaknya di madiun belum ada tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya di kios2 buah pinggir jalan juga ada mb ren, aku beli pisang sunpride itu di kios pinggir jalan kok :)

      Hapus
  3. Asyeeem, lagi serius2 baca, muncul musim kawin. Wkwkwk

    Aku pingin nyobain buah dr sunpride. Segeer2 euy! Jeruknyaaa. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buah Sunpride sekarang sudah banyak kok dah di kios2 pinggir jalan. aku beli pisang itu di kios dekat rumah

      Hapus
  4. detail banget tulisannya tentang buah lokal, jadi kepengin nyoba yang guava kristal,kayaknya krenyeeezzz 3x sueger :) sukses utk kontes ngeblognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jambu bijinya emang juara, sekarng susah lo nyari jambu biji kecuali le;uaran Sunpride ini

      Hapus
  5. Miqdad to baguseeeeee....bikin gagal fokus sama tulisannya :)
    Aku juga go local lho mak, gedhangku ning kebon mburi silih berganti bermunculan hehehee... Sun \pride aq yg suka beli itu jambu biji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. miqdad juara klo makan buah terutama pisang sama jeruk...boros hahaha

      Hapus
  6. Yg nanas honi maniiiiiisss bgt

    BalasHapus
  7. waaaah buahnya seger - seger mak jadi ngiler hehe keren banget mak tulisannya super lengkap deh :D

    BalasHapus
  8. Wih :o memang keren tulisan mbak ini :D istimewa dan sangat detail

    BalasHapus
  9. mak irul aku mau nanasnya dong :)

    BalasHapus
  10. ternyata sudah .com :-D salut
    tapi templatenya mending diganti responsive mak, mayoritas pengunjung sekarang via hp

    BalasHapus
  11. sehat ya mba makan buah tiap hari :)

    BalasHapus
  12. apikkk....
    itu mau2nya aja ditidurin foto xD

    BalasHapus
  13. suka banget sama foto foto nya.. hahaha ^ ^' creative makk.. btw aku baru tau kalau sun pride itu produk lokal,, hehehe :))

    BalasHapus
  14. baguss memang betul harus daru sejak dini mengenalkan buah lokal pada si kecil

    BalasHapus
  15. cip bagus postinganya
    d tunggu terus infomasi lainya

    BalasHapus