Rabu, Juni 10, 2015

Cermat Memilih Kartu Kredit Syariah melalui Cermati


Kartu Kredit Syariah Solusi Cermat Finansial 


Hari ini sepertinya kebutuhan akan kartu kredit menjadi kebutuhan penting. Saya dan suami sendiri berusaha untuk meminimalkan hutang. Pertama berhutang itu tidak nyaman dan alasan kedua jika tidak ada kebutuhan mendesak kami memilih membayar tunai. 

Tetapi kadang-kadang ada saat-saat kondisi yang membuat kita harus berhutang atau sangat urgent. Semisal membayar Rumah Sakit ketika mendapat musibah mendadak, ya iyalah semua musibah itu mendadak, kartu kredit memberikan solusi tercepat dan termudah saat itu. Atau ketika mengalami kendaraan rusak diperjalanan, semoga saja kita semua dilindungi dari musibah, maka kartu kredit dapat membantu dengan cepat pembiayaan. Atau juga menjadi solusi ketika sedang bepergian. Tertinggal pesawat misalnya, okelah jika tertinggal penerbangan dalam negeri tapi kalau diluar negeri?. Whuaaa, bisa pingsan ditempat. Bahkan jika terkadang ketika memajukan atau memundurkan jadwal penerbangan padahal tiket sudah fix maka biaya diluar itu akan menjadi tanggungan kita. Pernah suami terpaksa memajukan jadwal penerbangan dari Turki ke Indonesia dan melakukan refund. Dan saat-saat itu kartu kredit benar-benar menjadi begitu berharga ^^.
Dan saat ini masyarakat Indonesia berbondong-bondong mengajukan kepemilikan kartu kredit dengan alasan beragam. Tingginya gaya hidup juga memacu seseorang untuk memiliki kartu kredit. Apapun alasan seseorang meng-apply kartu kredit itu menjadi angin segar untuk Bank-Bank yang ada di Indonesia. Bahkan hampir semua bank menyediakan produk kartu kredit dan semua orang dapat dengan mudah mengajukan pembuatan kartu kredit. Banyak supermarket yang menyediakan space di pojokannya untuk petugas-petugas bank yang menawarkan kartu kredit. Bahkan seringkali telepon saya berbunyi yang intinya menawarkan kartu kredit lengkap dengan promo dan kelebihan yang akan diperoleh. Saking berlimpahnya informasi dari berbagai Bank membuat konsumen bingung harus pilih kartu kredit yang bagaimana dan dari bank apa.

Berikut adalah beberapa tips ketika anda akan memilih kartu kredit
1.        Tingkat bunga: Perhatikan tingkat bunga yang ditawarkan penerbit kartu kredit. Berdasarkan Surat Edaran BI Nomor 14/34/DSAP, bank penerbit kartu kredit hanya boleh menerapkan maksimal bunga kartu kredit sebesar 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun. Apakah layak atau memberatkan dan apakah memberlakukan tingkat bunga tetap atau variabel.

2.        Limit kredit: Merupakan maksimal limit kartu kredit yang diberikan oleh bank penerbit kepada nasabahnya. Biasanya limit kartu kredit ini diberikan oleh pihak bank dengan jumlah yang berbeda-beda kepada setiap nasabah.

3.        Kredibilitas Bank: Ada baiknya memilih kartu kredit dengan melihat latar belakang penerbitnya/bank. Semakin baik kredibilitas dan reputasi bank, maka kenyamanan serta keuntungan menggunakan kartu kredit pun semakin besar.

4.        Pilih classic, gold, atau platinum: Biasanya ada berbagai pilihan jenis kartu kredit, seperti classic, gold, dan platinum. Kartu gold dan platinum merupakan kartu kredit premium yang menawarkan batas pagu kredit yang tinggi dan manfaat-manfaat eksklusif. Pengguna kedua kartu kredit berdasarkan pada standar pendapatan dan kelayakan kredit yang tinggi. Jadi pilihlah jenis kartu kredit sesuai kebutuhan Anda.

5.        Reward: Selain tingkat bunga yang rendah, pilihlah kartu kredit yang memberikan reward, yaitu berupa penghargaan atau hadiah dari bank kepada para nasabahnya. Biasanya reward dapat berupa hadiah, poin, atau diskon belanja. Kartu kredit yang bekerja sama dengan beberapa merchant, yaitu penjual barang/jasa yang baik perorangan atau perusahaan yang bekerja sama dengan bank). Misalnya, restoran, maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, agen perjalanan, dan lain sebagainya menjadi pilihan yang menarik. Di sinilah, Anda bisa menikmati kelebihan-kelebihan yang disediakan.

6.        Biaya Tahunan: Setiap kartu kredit memiliki iuran tahunan yang berbeda-beda. Maka perhatikan seksama berapa besar iuran tahunan yang ditanggungkan pada Anda. Namun, ada juga beberapa bank yang mempunyai produk kartu kredit yang membebaskan iuran selama beberapa tahun dan bahkan seumur hidup.

7.        Fasilitas tambahan: fasilitas yang diberikan oleh penerbit kartu kredit seperti layanan call center, akses ATM global, asuransi pembayaran kartu kredit (credit shield), asuransi perjalanan, hingga fasilitas lounge eksekutif (executive lounge) bisa menjadi pertimbangan Anda. Yang terpenting setelah Anda memiliki kartu kredit, bijaklah dalam penggunaannya.

           Dan sebagai seorang muslim saya menyarankan anda untuk memilih kartu kredit dari bank syariah. Ada banyak keuntungan yang didapat ketika memilih kartu kredit dari bank syariah. Diantaranya : prinsip syariah yang membuat bank tidak mengenakan bunga pada nasabah, biaya tahunan yang relatif ringan, tidak ada denda keterlambatan pembayaran, tidak ada biaya admin untuk keterlambatan, tidak ada biaya penarikan tunai minimum




         Nah masih bingung mau mengajukan kartu kredit lewat mana. Di Cermati kita bisa mendapatkan informasi tentang kartu kredit secara lengkap. Cermati berbagi informasi tentang promo-promo kartu kredit dari berbagai bank dan diantaranya dari bank-bank syariah.  Sesuai dengan visi dan misi Cermati sendiri yakni:
  • menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Serta memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kendali atas situasi finansial mereka dan menghemat uang mereka, dengan membuat keputusan finansial yang cermat.
  • Selain itu produk-produk Cermati memungkinkan masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan finansial yang paling tepat dan cermat untuk situasi finansial mereka. Dan yakin kesuksesan finansial bermula dari keputusan yang cermat.
salah satu kartu kredit syariah yang ada di cermati 


Nah, langkah mudahnya adalah membuat akun di cermati kemudian menyimpan informasi yang kita butuhkan yang berkaitan dengan kebutuhan finansial kita. Dan suatu saat jika kita membutuhkannya akan dengan mudah kita dapatkan kembali.
Untuk itu cermati menyediakan fitur-fitur layanan yang lengkap akan kebutuhan finansial kita
1.     Kartu kredit. Semua informasi yang berkaitan dengan kartu kredit mulai dari bank penyedia, promo-promo dan kelebihan masing-masing bank diulas lengkap.
2.     Pinjaman lengkap dengan bank-bank penyedia dan keunggulan masing-masing bank
3.     Simpanan
4.     Promo terkini
5.     Dan artikel terkait tentang kebutuhan finansial

Tunggu apalagi, ayo bergabung di cermati. Dan kita dapat dengan mengelola kebutuhan finansial kita dengan mudah. 



12 komentar:

  1. penting asal bisa disiplin dan cermat menggunakannya ya mak

    BalasHapus
  2. duh kk saya belum syariah nih ...tp saya sering pake kk buat mundur bayar sebulan jadi ga dikenakan bunga

    BalasHapus
  3. memilih kartu kredit syariah merupakan solusi agar terhindar dari riba ya Mbak...nice post dan mksh sharringnya ya...

    BalasHapus
  4. saya pakai yang syariah dan yang konvensional juga...tapi kunci memakai kartu kredit adalah disiplin :)

    BalasHapus
  5. saran yang tepat ya memanfaatkan CC syariah yang aman agar tidak bersinggungan dengan riba :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. cc syariah semoga seperti pinjaman syariah cara produknya bekerjanya, karena bagus sih kalau ada yang namanya syariah itu kebanyakan orang menyebutkan pinjaman yang menjauhkan dari riba.

    BalasHapus