Senin, Juni 29, 2015

Untuk 12 tahun Bersamamu

Terimakasih Untuk Semua Yang Ayah Bagi Untuk kami 





Tepat tanggal 26 Juni 2015 kemarin, saya dan suami sudah 12 tahun mengarungi (tsaaah, mengarungi, padakke kapal po) rumah tangga dan pernikahan. Berangkat dari niat untuk menyempurnakan agama dan ibadah pada Allah kami menikah di usia yang terbilang muda, 21 tahun. Selama 12 tahun ini banyak hal yang saya beri dan lebih banyak hal lagi yang saya dapat dari suami tercinta.


Biasanya suami termasuk golongan orang yang tidak mengingat tanggal-tangal penting. bahkan pernah karena saking pengennya ngasih saya kejutan, saya mendapat kue ulang tahun maju satu bulan dari tanggal seharusnya. hahahaha. meskipun kami tidak merayakan juga sih hari-hari semacam itu. Nah, kemarin kaget juga ketika pagi-pagi dapat email yang isinya foto di atas. hiks, jadi kangen (halagh). Karena kebetulan tahun ini suami ada tugas jadi tidak bisa lebaran bersama saya dan anak-anak. Dan melihat foto yang dikirimkannya nan jauh dimata itu bikin terharu #lapingus. 



Ya Allah di bulan ramadhan penuh berkah ini doa syukur kami panjatkan pada-Mu. Ya Allah jagalah cinta kami dalam cinta-Mu. Bimbinglah kami untuk selalu menaati aturan-Mu. Jadikan kami orang tua yang penyayang dan lembut hati bagi anak-anak kami. Ikatlan hati-hati kami dalam ikatan-Mu. Dan kumpulkanlah kelak kami di Jannah-Mu.

Jumat, Juni 26, 2015

Bersama Ayah, Suamiku "Ayah Luar Biasa"


Mandi Ceria Bersama Ayah
Suamiku " Ayah Luar Biasa"


si bapak saat menjadi relawan kemanusiaan
love him so much ^^

Pernah dengar fatherless country? Negeri tanpa ayah. Ayah hanya sebagai pencari nafkah *sigh. Semua hal yang berkaitan dengan anak menjadi mutlak pekerjaan ibu. Ketika banyak ayah terjebak hanya mencari uang untuk membeli kesenangan (dikiranya begitu) yang ternyata pada kenyataannya uang tidak akan pernah mampu membeli “genggaman hangat tangan seorang ayah, suara bariton ayah, angin sejuk yang kita dapat ketika ayah mengayun kita ke angkasa” dan banyak hal-hal sederhana yang hanya bisa kita dapat dari ayah ,tanpa menafikan peran ibu.

Ada satu cerita ketika seorang kawan bercerita ketika anak gadisnya tidak pernah tertawa dihadapannya. Meskipun guyonan ayahnya lucu. Never, jika pernahpun hanya meringis. Sang kawan merasa sedih sekali. Kemudian ia teringat pesan ibunya “beri waktu untuk keluargamu, untuk anak-anakmu”. Ia bertekad akan merebut kembali hati anak-anaknya. Dan sekarang setelah ia meluangkan waktu untuk anak-anaknya, tawa anak gadisnya hampir setiap saat ada untuk ayahnya.


Sejak menikah saya dan suami sepakat, anak-anak kami akan kami didik bersama. Tidak ada istilah ayah mencari uang ibu yang mengurus rumah dan anak-anak. Anak-anak besar bersama ayah dan ibu. Anak-anak pernah menikmati dimandikan ayah, tidur dikeloni ayah, dibacakan cerita ayah, disuapi makan oleh ayah, ditemani beli sepatu oleh ayah, mencari raket badminton bersama ayah, latihan memanah bersama ayah, diam-diam makan eskrim saat sakit bersama ayah (sssttt), dan masih banyak rahasia anak-anak yang hanya ada bersama ayah. Apalagi anak-anak kami menjalani sekolah rumah (homeschooling). Besar sekali peran si ayah dalam mendidik anak-anak kami.


Saya setuju banget dengan kampanye “Suamiku, Ayah Luar Biasa” yang diusung oleh Zwitsal di Jakarta, 19 Maret 2015 lalu. Ada banyak hal yang hanya bisa di dapat dari ayah. Saya mengingat kembali suatu masa ketika sulung kami pulang ke rumah dengan babak belur karena berkelahi dengan temannya. Saran saya “ besok lagi jangan cari masalah sama temen”, dan saran ayah “ Kalau dinakali jangan diam saja, Balas!” eyuh. Hahahaha.

Seperti yang tertuang dalam press realese-nya Zwitsal “ Suamiku, ayah Luar Biasa” beberapa waktu lalu bahwa Peran aktif seorang ayah dalam merawat anak sejak masa awal kelahirannya sangat dibutuhkan untuk mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya, yaitu pada usia 0-4 tahun. Khususnya pada 0-6 bulan pertama, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari sang ayah terbukti memiliki nilai perkembangan motorik yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari sang ayah.


Tak hanya itu Anne Gracia, seorang praktisi Neurosains Terapan, mengatakan, “Keterlibatan seorang ayah dalam merawat bayi sejak masa awal kelahirannya akan memaksimalkan perkembangan fungsi indra, gerak dan kecerdasan kognitif pada anak. Peran ayah juga memberikan manfaat yang sangat besar secara psikologis, tidak hanya bagi bayi namun juga bagi ayah dan keluarga.”

Peran aktif seorang ayah dibutuhkan untuk menstimulasi 5 dari 7 sistem sensorik pada bayi, yakni; taktil (perabaan), vestibular (keseimbangan), proprioseptif (gerak antar sendi), dan auditori (pendengaran) dan olfaktori (penciuman). Wow, lima dari tujuh loh ya.

            Ayah memiliki frekuensi suara yang lebih rendah dari ibu, hal ini akan menstimulasi sistem auditori (pendengaran) bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang ayah untuk berperan aktif dalam merawat bayinya adalah dengan memandikannya. Memandikan bayi adalah cara yang dapat meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dan bayi, menstimulasi sistem vestibular bayi. Dan saksikan, tawa anak-anak ketika mandi bersama ayah. Entah kenapa saya selalu merasa dada terasa hangat ketika melihat anak-anak tertawa bersama ayahnya.

Suami saya termasuk orang yang tidak banyak bicara. Tetapi ia mencintai anak-anak. Suami yang saat ini juga aktif di sebuah lembaga kemanusiaan yang sedang aktif-aktifnya mengkampanyekan perlindungan terhadap anak-anak korban konflik di berbagai negara. Suami tegas pada anak-anak bahkan kepada anak gadis kami satu-satunyapun ia bisa sangat tegas. Tetapi seperti kata Paul Walker anak perempuan selalu membuat lembut hati ayahnya. Hehehe.


menghibur anak-anak pengungsi 

si ayah bersama anak pengungsi Rohingya
pict diambil dr IG-nya @syamorgizer


saat si ayah kebagian momong bocah-bocah ^^

Suami bisa melakukan semua pekerjaan perempuan kecuali hamil dan menyusui. Ia bisa memasak, rasanya lumayan enak, dekat dengan anak-anak, dan bisa diandalkan untuk menghandle pekerjaan rumah tangga.

Ketika kelahiran anak pertama suami agak takut memegang bayi kami apalagi memandikan. Khawatir tangan kekarnya meremukkan tulang bayi mungil kami. Hihihi. Tetapi suami belajar untuk melawan rasa khawatir tadi dengan lebih banyak menyentuh bayi kami termasuk memandikan bayi. Acara keramas itu paling ga asyik kata suami. Khawatir banget kalau-kalau ada air sabun yang masuk ke mata bayi.


Mandi bersama ayah

mandi pagi jatah ayah




Miqdad bisa jerit-jerit kesenangan kalau mandi sama ayah


Beruntungnya sih saat ini banyak banget produk bayi yang aman untuk mata bayi sekalipun. Dan Zwitsal tentu saja. Zwitsal menjadi pilihan favorit dari bayi pertama kami dulu sampai saat ini. Apalagi produknya “ tidak pedih dimata” itu sangat melegakan banyak orang tua baru seperti kami. Selain Zwitsal Classic Baby Shampoo dan Zwitsal Classic Baby Powder kami juga punya favorit baru dari Zwitsal yakni Zwitsal Natural Baby bath 2-in-1 hair and body dan Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon. Yang terakhir ini favorit suami karena katanya bayi kami kalau habis dimandikan tidurnya jadi nyenyak banget. Hehehe, iyalah, hangat minyak telonnya itu loo yang ga nguatin. Saat ini sih kalau ayah tidak tugas luar mandiin bocah jatah ayah, termasuk si babyboy Miqdad (5m). Habis mandi dan didandani tinggal di elus-elus aja sama ayahnya ga lama si Miqdad langsung angler  kalau orang Jawa bilang (tidur nyenyak) hahaha.

didandani ayah

















Jadi buat para ayah jangan sampai melewatkan masa-masa emas ini. Anak-anak itu tumbuh dengan cepat. Rasanya baru kemarin sore mereka masih dituntun untuk berjalan eh hari ini sudah pamit pergi melanjutkan kuliah. Dan masa kecil itu tak akan pernah terulang. Yang tertinggal hanya kenangan.

selamat tidur jagoan, ayah akan selalu ada untukmu 



Minggu, Juni 14, 2015

Blusukan di Kota Gedhe


Ayo Blusukan ke Kota Gedhe




















Seorang teman berkebangsaan Kanada pernah bilang “ Jogja itu candu”, iya bener banget. Jogja itu candu. Menjadi impian untuk dikunjungi  dan di kangeni untuk dikunjungi lagi oleh orang yang pernah datang dan tinggal disana. Semua yang ada di Jogja itu bikin kangen. Tempat wisatanya, makanannya, orang-orangnya, perempuan-perempuannya yang cantik dan santun dan banyak lagi. Hidup di Yogyakarta itu serasa tinggal di Eropa, kami punya raja, hahaha bangganya. Mobil-mobil mewah berseliweran tetapi kereta kuda dan becak juga berjalan berdampingan. Jogja benar-benar istimewa.

Banyak tempat yang bisa dikunjungi di Yogyakarta. Pantai-pantainya sepanjang jalur selatan yang menghadap samudera Hindia, gunung Merapi yang fenomenal itu, tempat-tempat bersejarah, masjid-masjid kuno dan juga candi-candi peninggalan masa lampau bertebaran disekitar Yogyakarta. Dan jangan salah, tempat wisata pendidikan juga banyak di Yogyakarta.

Salah satu tempat yang WAJIB dikunjungi adalah kampung Kota Gedhe. Kota Gedhe termasuk tempat wisata sejarah dan juga budaya. Ada banyak hal menarik di Kota Gedhe. Bagi saya Kota Gedhe sangat sentimentil, karena SMA saya dulu berada di Kota Gedhe.
Nah sekarang ayo bareng saya, kita blusukan di Kota Gedhe


Hal Paling Ikonik Dari Kota Gedhe Adalah Perak

dari gerbangnya saja deretan toko perak sudah terlihat 


Yups, di Kota Gedhe banyak pengrajin perak dan toko-toko yang menjual perhiasan perak. Sepanjang jalan ketika kita memasuki gerbang Kota Gedhe toko-toko perak berjejer dengan bangunan yang khas dan unik. Ohya model perhiasan peraknya juga up to date lo. Jangan salah ya, banyak pengrajin perak Kota Gedhe yang memiliki website dan menjual kerajinan mereka untuk buyer di luar negeri.

Di dalam kampung bertebaran toko dan pengrajin perak



sepanjang jalan berjejer toko-toko perak
Setiap hari toko-toko kerajinan perak ini selalu ramai pengunjung. Dari toko yang besar lengkap dengan restoran mewah sampai toko sederhana di dalam kampung semuanya ramai pengunjung. Kita bisa mencari sepasang cincin pernikahan aneka model, kalung etnik dan gelang berbahan perak yang cantik sampai souvenir pajangan rumah semisal rumah limasan, helm zaman Kolonial dan kereta kuda. Dan jangan khawatir masalah harga, orang Kota Gedhe itu terkenal relijius mereka bukan termasuk pedagang yang suka mempermainkan harga. Percaya deh, harga perhiasan perak di sana terjangkau dan masuk akal. Ga ke Yogyakarta kalau belum mampir ke toko perak kota gedhe.

Masjid Gedhe Mataram yang bersejarah

Masjid-masjid Kuno di Kota Gedhe
Banyak masjid tua di Kota Gedhe. Antara lain Masjid Besar Mataram atau masjid Gedhe Mataram peninggalan kerajaan mataram dan Masjid Perak Kota Gedhe.

Masjid Gedhe Mataram

tampak dalam masjid Gedhe Mataram

gerbang masuk masjid Gedhe Mataram 

        Masjid Besar Mataram Berlokasi di selatan kawasan Pasar Kotagede sekarang, tepatnya di kelurahan Jagalan, kecamatan Banguntapan Bantul. Merupakan masjid tertua di Yogyakarta. Sayangnya Masjid Besar Mataram saat ini sedang dalam renovasi tetapi masih bisa dikunjungi kok. Mungkin ada beberapa spot yang mengalami pemugaran tapi selebihnya bisa dinikmati. 

       Gapura depan masjid berbeda dengan masjid masjid lainnya. Gapura masjid ini menyerupai tempat peribadatan umat Hindu atau Budha. Bentuk gapura tersebut ada yang menyebutnya sebagai rana/kelir, dimana jika ada orang yang hendak memasuki halaman masjid harus belok ke kanan. Masjid ini juga di sokong oleh soko guru yang sudah berusia ratusan tahun lo. Halamannya luas dan khusus tempat berwudhunya ada semacam kolam kecil yang di isi ikan lele.  Ada makam juga disana.






Masjid Kotagede ini dibangun di zaman Kerajaan Mataram pada tahun 1640 oleh Sultan Agung bersama-sama dengan masyarakat setempat yang umumnya Hindu dan Budha. Terlihat sekali bagaimana tingginya rasa toleransi masyarakat Yogyakarta pada saat itu.
tempat berwudhu dengan parit kecil berisi ikan 









Masjid Perak Kota Gedhe

Masjid Perak Kota Gedhe

selalu suka dengan arsitektur masjid Perak Kota Gedhe
Masjid berikutnya adalah Masjid Perak Kota Gedhe.  Masjid ini dibangun pada tanggal 1 Syuro tahun 1940. Dan Masjid Perak nampak indah dengan arsitektur khas masyarakat Jawanya. Masjid Perak ini tepatnya berada di Jalan Mondorakan. Tepat di depan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Masjid Perak ini dikenal sebagai markas tentara Hizbullah yang melawan tentara penjajah Belanda saat perang kemerdekaan. Dulu semasa SMA saya sering mampir salat di masjid ini. Lantainya dari tegel yang sekarang berganti keramik. Adem.

Tiang masjid masih seperti dulu
dan
 mimbar pemberian masjid gedhe Mataram yang masih digunakan hingga sekarang 



Meskipun mengalami kerusakan parah paska gempa Mei 2006 masjid ini dipugar kembali tetap mempertahankan ciri aslinya. Diantaranya kuncung masjid yang masih kokoh hingga hari ini dan penggunaan tiang soko guru lengkap dengan plakat tahun berdirinya. Sayangnya karena pemukiman warga sekarang semakin padat kita agak kesulitan melihat lanskap masjid secara utuh. Tetapi percaya deh masuk ke masjid ini dan ikut salat berjamaah di dalamnya terasa damai banget. Ya iyalah namanya juga tempat ibadah.

Pasar Legi Kota Gedhe




      Pasar ini sudah ada sejak zaman Belanda. Meskipun mengalami beberapa kali renovasi pasar ini tetap terlihat sisi tradisionalnya. Setiap pasaran Legi pasar ini tumpah ruah. Legi adalah hari dalam masyarakat Jawa. Nah, setiap Legi yang jatuh lima hari sekali pasar Kota Gedhe dipenuhi oleh banyak pedagang dari kampung-kampung di sekitaran Yogyakarta. Membawa hasil bumi terbaik mereka. 

Pemandangan rutin saat hari pasaran tiba
lengkap dengan simbah-simbah hilir mudik dengan sepeda dan caping bambu

           Makanya jangan heran kalau setiap Legi pasar ini macet total. Saya suka ke pasar Kota Gedhe saat pasaran. Biasanya mencari barang-barang yang jarang ada kecuali saat pasaran berlangsung. Semisal gedhek, bakul dari bambu, talenan dari kayu glondongan, dan banyak lagi. Kalau ke Yogyakarta pastikan pas Legi ya jadi bisa mampir ke pasar Kota Gedhe, meskipun harus siap berdesak-desakan dengan andong, ayam, burung dara dan juga simbah-simbah yang membawa dagangan mereka.

salah satu rumah lawas di Kota Gedhe

Rumah-rumah kuno dengan arsitektur cantik dan menawan
Satu hal yang menarik dari Kota Gedhe adalah banyaknya rumah-rumah yang masih mempertahankan arsitektur lawasnya. Dan teman-teman pasti tercengang dengan landskap Kota Gedhe. Kota Gedhe seperti kebanyakan kampung di Yogyakarta di bangun didalam benteng. Nah, benteng-bentengnya itu kalau di Kota gedhe tidak mencolok. 
berikut beberapa arsitektur rumah-rumah kuno di Kota Gedhe






























Dulu ketika baru datang dan bersekolah di yogyakarta saya kaget ketika teman sekolah mengajak mampir kerumahnya. Dengan santainya ia mendorong gerbang besar yang saya kira gerbang rumah orang tetapi ternyata itu adalah gerbang kampung. Jadi sering orang mengira pintu gerbang itu adalah pintu gerbang rumah orang ketika kita buka didalamnya ternyata sebuah kampung. Dijamin bingung kalau sudah masuk kampung-kampung di Kota Gedhe makanya jangan lepasin tangan saya ya sebelum acara berakhir saya ga jamin teman-teman bisa pulang sendiri. Hehehe.


Ga Asyik Kalau Jalan-Jalan Ke Kota Gedhe Ga Nyicipin Kipo



Kipo ini trade mark nya kuliner Kota Gedhe. Kudapan manis berbahan tepung ketan dengan pewarna alami dari daun pandan ini diisi unti dari parutan kelapa yang diberi gula merah kemudian dibakar di wajan dari tanah liat yang diletakkan diatas bara api. Sayangnya karena banyak penjual kipo adalah simbah-simbah tua saat ini kipo menjadi panganan langka. Hanya sedikit generasi muda yang tertarik membuat kipo. Sepertinya kipo kalah pamor dibandingkan red velvet, rainbow cake atau kudapan lain dari barat.

Berakhir sudah mini tour kita kali ini. Semoga foto-foto yang saya bagikan bisa memuaskan sedikit rasa penasaran teman-teman. Tetapi sebaiknya datang langsung deh. Karena ada banyak hal unik yang bisa kita saksikan di Kota Gedhe.
Jika anda ingin berkunjung ke Kota Gedhe kabari saya ya, jika luang dengan senang hati saya akan menemani teman-teman.


Rabu, Juni 10, 2015

Cermat Memilih Kartu Kredit Syariah melalui Cermati


Kartu Kredit Syariah Solusi Cermat Finansial 


Hari ini sepertinya kebutuhan akan kartu kredit menjadi kebutuhan penting. Saya dan suami sendiri berusaha untuk meminimalkan hutang. Pertama berhutang itu tidak nyaman dan alasan kedua jika tidak ada kebutuhan mendesak kami memilih membayar tunai. 

Tetapi kadang-kadang ada saat-saat kondisi yang membuat kita harus berhutang atau sangat urgent. Semisal membayar Rumah Sakit ketika mendapat musibah mendadak, ya iyalah semua musibah itu mendadak, kartu kredit memberikan solusi tercepat dan termudah saat itu. Atau ketika mengalami kendaraan rusak diperjalanan, semoga saja kita semua dilindungi dari musibah, maka kartu kredit dapat membantu dengan cepat pembiayaan. Atau juga menjadi solusi ketika sedang bepergian. Tertinggal pesawat misalnya, okelah jika tertinggal penerbangan dalam negeri tapi kalau diluar negeri?. Whuaaa, bisa pingsan ditempat. Bahkan jika terkadang ketika memajukan atau memundurkan jadwal penerbangan padahal tiket sudah fix maka biaya diluar itu akan menjadi tanggungan kita. Pernah suami terpaksa memajukan jadwal penerbangan dari Turki ke Indonesia dan melakukan refund. Dan saat-saat itu kartu kredit benar-benar menjadi begitu berharga ^^.
Dan saat ini masyarakat Indonesia berbondong-bondong mengajukan kepemilikan kartu kredit dengan alasan beragam. Tingginya gaya hidup juga memacu seseorang untuk memiliki kartu kredit. Apapun alasan seseorang meng-apply kartu kredit itu menjadi angin segar untuk Bank-Bank yang ada di Indonesia. Bahkan hampir semua bank menyediakan produk kartu kredit dan semua orang dapat dengan mudah mengajukan pembuatan kartu kredit. Banyak supermarket yang menyediakan space di pojokannya untuk petugas-petugas bank yang menawarkan kartu kredit. Bahkan seringkali telepon saya berbunyi yang intinya menawarkan kartu kredit lengkap dengan promo dan kelebihan yang akan diperoleh. Saking berlimpahnya informasi dari berbagai Bank membuat konsumen bingung harus pilih kartu kredit yang bagaimana dan dari bank apa.

Berikut adalah beberapa tips ketika anda akan memilih kartu kredit
1.        Tingkat bunga: Perhatikan tingkat bunga yang ditawarkan penerbit kartu kredit. Berdasarkan Surat Edaran BI Nomor 14/34/DSAP, bank penerbit kartu kredit hanya boleh menerapkan maksimal bunga kartu kredit sebesar 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun. Apakah layak atau memberatkan dan apakah memberlakukan tingkat bunga tetap atau variabel.

2.        Limit kredit: Merupakan maksimal limit kartu kredit yang diberikan oleh bank penerbit kepada nasabahnya. Biasanya limit kartu kredit ini diberikan oleh pihak bank dengan jumlah yang berbeda-beda kepada setiap nasabah.

3.        Kredibilitas Bank: Ada baiknya memilih kartu kredit dengan melihat latar belakang penerbitnya/bank. Semakin baik kredibilitas dan reputasi bank, maka kenyamanan serta keuntungan menggunakan kartu kredit pun semakin besar.

4.        Pilih classic, gold, atau platinum: Biasanya ada berbagai pilihan jenis kartu kredit, seperti classic, gold, dan platinum. Kartu gold dan platinum merupakan kartu kredit premium yang menawarkan batas pagu kredit yang tinggi dan manfaat-manfaat eksklusif. Pengguna kedua kartu kredit berdasarkan pada standar pendapatan dan kelayakan kredit yang tinggi. Jadi pilihlah jenis kartu kredit sesuai kebutuhan Anda.

5.        Reward: Selain tingkat bunga yang rendah, pilihlah kartu kredit yang memberikan reward, yaitu berupa penghargaan atau hadiah dari bank kepada para nasabahnya. Biasanya reward dapat berupa hadiah, poin, atau diskon belanja. Kartu kredit yang bekerja sama dengan beberapa merchant, yaitu penjual barang/jasa yang baik perorangan atau perusahaan yang bekerja sama dengan bank). Misalnya, restoran, maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, agen perjalanan, dan lain sebagainya menjadi pilihan yang menarik. Di sinilah, Anda bisa menikmati kelebihan-kelebihan yang disediakan.

6.        Biaya Tahunan: Setiap kartu kredit memiliki iuran tahunan yang berbeda-beda. Maka perhatikan seksama berapa besar iuran tahunan yang ditanggungkan pada Anda. Namun, ada juga beberapa bank yang mempunyai produk kartu kredit yang membebaskan iuran selama beberapa tahun dan bahkan seumur hidup.

7.        Fasilitas tambahan: fasilitas yang diberikan oleh penerbit kartu kredit seperti layanan call center, akses ATM global, asuransi pembayaran kartu kredit (credit shield), asuransi perjalanan, hingga fasilitas lounge eksekutif (executive lounge) bisa menjadi pertimbangan Anda. Yang terpenting setelah Anda memiliki kartu kredit, bijaklah dalam penggunaannya.

           Dan sebagai seorang muslim saya menyarankan anda untuk memilih kartu kredit dari bank syariah. Ada banyak keuntungan yang didapat ketika memilih kartu kredit dari bank syariah. Diantaranya : prinsip syariah yang membuat bank tidak mengenakan bunga pada nasabah, biaya tahunan yang relatif ringan, tidak ada denda keterlambatan pembayaran, tidak ada biaya admin untuk keterlambatan, tidak ada biaya penarikan tunai minimum




         Nah masih bingung mau mengajukan kartu kredit lewat mana. Di Cermati kita bisa mendapatkan informasi tentang kartu kredit secara lengkap. Cermati berbagi informasi tentang promo-promo kartu kredit dari berbagai bank dan diantaranya dari bank-bank syariah.  Sesuai dengan visi dan misi Cermati sendiri yakni:
  • menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Serta memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kendali atas situasi finansial mereka dan menghemat uang mereka, dengan membuat keputusan finansial yang cermat.
  • Selain itu produk-produk Cermati memungkinkan masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan finansial yang paling tepat dan cermat untuk situasi finansial mereka. Dan yakin kesuksesan finansial bermula dari keputusan yang cermat.
salah satu kartu kredit syariah yang ada di cermati 


Nah, langkah mudahnya adalah membuat akun di cermati kemudian menyimpan informasi yang kita butuhkan yang berkaitan dengan kebutuhan finansial kita. Dan suatu saat jika kita membutuhkannya akan dengan mudah kita dapatkan kembali.
Untuk itu cermati menyediakan fitur-fitur layanan yang lengkap akan kebutuhan finansial kita
1.     Kartu kredit. Semua informasi yang berkaitan dengan kartu kredit mulai dari bank penyedia, promo-promo dan kelebihan masing-masing bank diulas lengkap.
2.     Pinjaman lengkap dengan bank-bank penyedia dan keunggulan masing-masing bank
3.     Simpanan
4.     Promo terkini
5.     Dan artikel terkait tentang kebutuhan finansial

Tunggu apalagi, ayo bergabung di cermati. Dan kita dapat dengan mengelola kebutuhan finansial kita dengan mudah.