7 Kado Istimewa Untuk Ibu Melahirkan

7 Kado Istimewa
Untuk
Ibu Melahirkan

credit Pixabay


Setelah mengalami beberapa kelahiran saya jadi tahu bahwa ada kado yang biasanya manfaat banget untuk ibu yang baru melahirkan. Biasanyakan ketika ' tilik bayen' atau mengunjungi bayi. Yang kita bawa melulu kado untuk si bayi. Coba sekali- kali bawain kado buat ibunya. Apalagi banyak orang kalau ngadoin bayi itu hadiahnya ga jauh-jauh dari gendongan, selimut dan tas bayi gambar beruang. Saya kemarin lahiran miqdad saja dapat gendongan dan selimut selusin lebih. Dan ga ada yang kepake karena sudah punya. Akhirnya saya pakai buat ngadoin bayi lagi.



Meskipun saya yakin apapun yang kita be
rikan orang akan menerima dengan senang hati. Tetapi kalau kado yang kita berikan bermanfaatkan kitanya tambah senang.
Berikut kado yang menurut saya paling pas untuk hadiah ibu yang baru lahiran. Hitung-hitung menghibur si ibu yang pasti sangat kelelahan paska melahirkan



credit: Pixabay
1. Uang. Ini manfaat banget. Bisa untuk nambahin aqiqahan atau syukuran. Kebetulan di kampung saya tradisi nyumbang bayen itu biasanya berupa uang. Bisa untuk tabungan si bayi juga. Bahkan biasanya saya habis melahirkan bisa beli perhiasan emas.


dress cantik buatan mb Waya
2. Baju menyusui berbahan kaos atau katun. Ini pasti kepake. Yang penting kita bisa mengira-ngira ukuran tubuh si ibu. Saya dulu malah waktu lahiran dapat kado jilbab kaos yang nyaman banget buat menyusui. Dan keinget terus sampai sekarang. Baju menyusui ini termasuk piyama katun dan daster lo. 


3. Voucher spa atau creambath. Saya pernah ngasih teman voucher creambath. Dan dia bilang itu kado yang paling dia ingat hahaha.


4. Sabun mandi dan parfum. Pilih yang lembut dan baunya enak. Biasanya ibu baru melahirkan jarang memikirkan dirinya sendiri. Berilah kado yang berhubungan dengan menjaga kebersihan diri si ibu. Jadi si ibu bisa dandan dan merawat diri. Jangan beri kado produk kosmetik yang ntar malah ga kepake semisal maskara, pensil alis dan sejenisnya.


5. Tas bayi tapi jangan gambar beruang ya. Usahakan tas yang bisa dipakai seterusnya. Banyak kok sekarang tas bayi yang motifnya lucu dan ga ada gambar bayinya sama sekali. Waktu melahirkan saya pernah di kasi hadiah tas laptop yang bisa untuk memuat banyak barang. Lucu ya. Pengen lahiran lagi jadinya. Rikues ah tas ransel Pulcher hahahaha. Njuk di bandem ulekan. Apalagi kalau tas kayak di bawah ini #ngarep

credit: pixabay

credit: pixabay
6. Kain sarung dengan motif feminim. Saya waktu lahiran suka banget pakai kain. Dapat kado kain yang bahannya halus dari Anjang (budhe) saya di Kalimantan sana. Motifnya cantik banget. Dan kepake terus. Bahkan kain ini sepertinya jadi kado andalan anjang saya. Karena beliau punya banyak stok kain untuk kado lahiran. Duh siapa sih yang berani nolak hadiah kain motif etnik cantik khas Dayak. Duh berapa duit ya? hahaha


credit: pixabay
7. Bantal empuk untuk si ibu. Ini kado yang ga biasa. Tapi jujur ibu baru lahiran itu jarang bisa tidur nyenyak. Dan saya terharu banget waktu dulu saya baru lahiran dapat bantal besar dan empuk banget plus sarung bantalnya gambarnya lucu. Hahaha. Jadi ga melulu ngasih bantal bayi yang seringnya malah ga kepake. Bicara bantal jadi inget teman blogger yang pernah bikin hadiah bantal handmade. Iih pengen bantalnya. Mbak Waya Komala memang deh kalo urusan jahit-menjahit jagonya. Coba deh tengok hasil karyanya. Mulai dari mukena, dress anak dan bolero buatannya sampai ke New York sana. 


Tala Al Badru Alaina by Yusuf Islam




              Ini salah satu nasyid yang sering di senandungkan anak-anak di rumah. Di tulis ulang oleh Cat Steven yang mengubah namanya menjadi Yusuf Islam setelah menjadi seorang Muslim. Barakallah untuk Brother Yusuf Islam. Berharap bisa bertemu langsung dengan Yusuf Islam suatu saat. Aamiin. 


Salawat dan Salam Untuk Nabiyullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam.



Hari Lahir



About Me




               Bukan untuk memperingati hari lahir sih, hanya kebetulan kok ya pas dengan tanggal ini. Cuman hari ini mellow merasa di umur segini tidak ada karya, tidak ada pencapaian luar biasa dalam urusan dunia dan urusan akhirat. Hiks.
 #20Factaboutme 
Halagh, aku mah apa atuh, hanyalah remahan rengginang melempem. Sok-sok an bikin 'about me' ini demi @mkusmia  yang baru nyadar tantangannya belum ta balas. Menunggu keberanian dulu ceritanya

1.suka banget warna biru, biru laut, biru langit, biru duit lima puluh ribu apalagi, huehehe. Ini sebenernya kode, klo mau ngasih saya  hadiah jilbab ato gamis bingung warna apa, nah pilih aja biru. Pasti saya suka, eh warna apa aja diterima kok. Ah, Aku memang wanita lemah mudah dirayu. Hahaha

2. Paling ga bisa gambar ato ngelukis. Kibarkan bendera putih aka nyerah klo disuruh gambar. La wong gambar gajah  sambil nyontek aja dikira kambing sama anak-anak :D

3. Penikmat senja. Punya koleksi foto senja dan pernah diposting juga di blog. Meskipun akhir-akhir ini jarang menikmati seperti dulu, sibuk oyyy

4. Lebih suka membaca daripada menggambar. Jatuh cinta dengan sastra klasik. Fansnya Andrea Hirata dan Tere Liye. Suka Alchemistnya Paulo Culho. Jatuh cinta dengan karya-karyanya Enid Bylton terutama Malory Tower dan lima sekawan. Pernah falling in love deep-deep-deep-deeeeep  dengan salah seorang tokoh imajinasinya dr. karl May, dia adalah Old Shatterhand hahaha. Maklum waktu baca itu zaman SMP yang masih labil banget. Winnetou termasuk buku yang menginspirasi zaman abege saya. Daaaan gagal move on dari komik Conan ;) sekarang gantian baca Conan dengan si sulung. Dan, sampai sekarang saya masih berpikir keras jika Sherlock Homes itu ada seperti siapakah dia? Hahaha kurang gawean tenan. Untuk karya2nya Agatha Cristy saya Lebih suka Poirot daripada miss Marple, sopo sing takon :D
Jujur tidak pernah tertarik dengan novel - novelnya Mira W atau Marga T, alarm saya langsung berdenging semacam mau bilang "bukan genre saya" huehehehe
Hampir semua buku NH Dini saya baca favorit saya sih seri cerita kenangan tentang masa kecilnya, Sekayu- padang ilalang di belakang rumah- langit dan bumi sahabat kami. Bahkan jujur saya kangen baca karya2nya NH Dini lagi, semacam obat kenangan masa kecil mungkin kira2 begitu. Beberapa bukunya Pramoedya juga saya baca terutama trilogi bumi-manusia, sang Priyayi-nya Umar Kayam. Punya aturan tidak tertulis "baca bukunya dulu baru nonton filmnya" terutama buku-buku genre fantasi. Saya juga membaca lengkap semua serinya Harry Potter dan lebih suka Draco Malfoy ketimbang Harry nya dan langsung dipendelik i fansnya Harpot. Saya juga membaca puisi-puisinya Sapardi Djoko Damono dan Korie Layun Rampan. Oia semua buku-buku diatas rata2 saya baca dimasa seragam putih biru.

5. Punya impian bikin film. Jangan ketawa yaaaa. Minimal film pendeklah ya. Inginnya sih film dokumenter yang berkaitan dengan perempuan dan anak, pengungsi perempuan pokoknya perempuan deh. Meskipun tahu diri banget dengan kemampuan yang minim. Harus belajar banyak hal.
6. Suka sekali dengan kue-kue tradisional. Bahkan pernah punya cita-cita bikin toko khusus kue tradisional lengkap dengan tempat workshopnya. Hahaha, belagu banget, bikin kue bisanya juga cuman donat.

7. Pecinta jilbab segi empat. No offense ya

8. Buku yang menginspirasi saya 'Perjalanan Asia'nya Gola Gong dan Winnetou Dr Karl May. Dan kemudian ketika mulai belajar Islam langsung ga bisa tidur setelah baca Utsulu-tsalatsahnya syeikh Utsaimin. Dan dua buku tebal berjudul " karasteristik 60 sahabat nabi" dan " jejak para tabi'in" adalah buku yang sampai hari ini selalu rajin saya baca. Dan menjadi bacaan wajib untuk si sulung dan si nomor dua untuk kelengkapan portofolionya.

9. Bercita-cita naik haji sebelum umur 40 tahun. Aamiin

10. Ga begitu suka gudeg, entahlah, padahal tinggal di Jogja :)

11. Bisa berenang dan pengen bisa menyelam. Terakhir menyelam dengan panduan instruktur zaman seragam biru putih itu juga karena ikut Jambore Nasional di Cibubur Jakarta.

12. Punya akun blog khusus fiksi di wattpad. Sebenarnya semacam pelarian atas dialog2 imajiner yg sering bermunculan dikepala. Tapi sering ga mood klo sudah ditagih2 pembaca semisal "lanjut thor" sist kapan lanjutannya "kangen si ini (tokohnya) etc....menulis by mood, sesempatnya, pas ada kuota, ada lomba #bekapmulut

13. Penggemar ikan. Ikan laut ikan tawar ikan asin ikan fawzi #eh

14. Sangat suka pisang goreng dan kacang hijau. Dalam seminggu bisa dipastikan saya makan kacang hijau dan pisgor

15. Beach freak....pantai, laut, pasir. everything about beach. Not bitch #eh

16. Pernah masuk klinik
gara-gara alergi ikan laut tapi ga kapok-kapok. Ikan laut enak sih.

17. Salah satu Film terbaik sepanjang masa Menurut saya adalah "the last samurai" meskipun jujur ga ngefans sama Tom Cruise. Beberapa film dokumenter juga menjadi favorit saya. Pernah jatuh hati dengan mendiang Brian O'conner hahaha bahkan sempat2nya bikin fansfictionnya dan sampai sekarang ga bisa ngelanjutin lagi ff nya coz orangnya sudah ga ada. Hahaha. Lebay bin alay.

18. Paling ga suka dengan orang yang suka mengeluh. Berusaha banget untuk tidak mengeluh. Capek dengernya. Eh ini termasuk mengeluh juga ga ya.

19. Susah bilang enggak. Mungkin karena anak tengah kali ya. Intinya sih berusaha untuk tidak menyakiti orang lain. Merasa bersalah menolak permintaan tolong orang lain itu aja sih.


20. Bercita-cita tinggal dan menetap disuatu tempat yang selemparan batu dari Baitullah. Aamiin. Mungkin di Dubai, Doha, Turki, Palestina, Damaskus, Kuwait ato bisa juga di Baghdad Irak. Sing penting ojo Iran saya kan sunni bukan syiah :). Hahaha❇❇❇❇

Maple Tree Casual Dining Restaurant

Maple Tree Casual Dining Restaurant



Baru-baru ini tepatnya kemarin pas hari Sabtu, 12 Desember 2015 Komunitas Emak-Emak Blogger Jogja mengadakan #ArisanIlmu yang ke-2. Temanya asyik banget “ Food Photography and Plating”. Kalau urusan makanan selalu asyik pokoknya. Dan tempat yang kita pakai kemarin adalah Maple Dining Restaurant atau lebih dikenal dengan Maple Tree. Namanya aja sudah keren ya “Maple Tree”. Ada pohon Maplenya ga tuh? Ternyata kata Pak Ade sang pemilik, di halaman restauran memang ditanam pohon maple. Cuman belum terlalu rimbun aja sih jadi ga keliatan banget. Tahukan ya saya jatuh cinta dengan daun Maple. Sampai bela-bela minta dikirimin daun Maple dari NYC sana baca disini.





Restoran Maple Tree ada di jl. Pakuningratan no.77 Yogyakarta. Kalau dari arah tugu masih ke utara sekitar 100 meteran ntar sebelah kiri jalan ada jalan Pakuningratan nah masuk aja. Restorannya sebelah kiri jalan. Gampang kok nyarinya.



wall decornya keren ya, ala2 galery 

Apa yang asyik dari restoran Maple Tree sampe arisan ilmu diadakan disana. Tempatnya asyik lo. Halamannya unik karena dibentuk dari rumput dan semen yang dibentuk kotak-kotak. Malahan pas sesi terakhir emak-emak blogger Jogja langsung cusss aja foto-foto di halaman rseto. Ga bisa lihat tempat bagus dikit bawaanya nafsu pengen selfie hahaha.










Belajar Plating Makanan dan Food Photography










Di dalam ruangan juga ga kalah asyik. Dindingnya ala-ala retro. Seperti di galeri-galeri seni. Kalau menurut saya sih seperti di luar negeri. Atau karena mengambil konsep pohon maple yang notabene hanya ada di negara-negara empat musim kali ya. Dinding restonya benar-benar bikin kita ingat, kalau kita liat gambar ini, cuss ingetnya Maple Tree gitu. Ga ada di tempat lain.



bebek peking



Menu favorit di restoran ini menurut pemiliknya adalah Bebek Peking. Bahkan pas sesi platting makanan salah seorang juru masak restoran menyajikan Bebek Peking ini untuk di plating. Yang pasti sih menurut pemiliknya menu di restoran ini tidak hanya menyasar satu segmen saja. Jadi ga heran menunya beragam. Mulai dari burger, pasta, aneka mie, sampai steak juga ada. Minumannya juga beragam.




Yamie Bebek Peking






























Creamy Tomato Chicken Ala Firenze



Saya kemarin pesan Creamy Tomato Chicken Ala Firenze. Untuk pecinta pasta seperti saya spagheti yang saya pesan enak kok. Disajikan dengan roti bawang yang kriuk-kriuk. Harganya juga cuman 25K.




Sebelah saya pesan Mie Goreng nad Thai. Dan depan saya pesan mie bebek Peking. Ohya waktu itu saya pesan Fraphucino dan nyesel ga pesan es Singkawang kayak teman saya mak Ririe. Ternyata es Singkawangnya enak.



es Singkawang















         Untuk harga lumayan terjangkau lah. Mulai dari 15k-50k untuk satu porsi. Sedangkan Bebek pekingnya per-ekor mulai 50k sepertinya. Tapikan bisa dimakan bareng-bareng untuk Bebek Pekingnya. Besok deh rencananya saya mau ngajak si bapak yang pecinta bebek garis keras. Hahahaha.

Monggo langsung datang saja ke 

Resto Maple Tree Jogja

Jl. pakuningratan no 77 Yogyakarta
Telp:(0274) 584769

IG: mapletree_jogja

Nursing Room di Pasar Bering Harjo Yogyakarta

Nursing Room di Pasar BeringHarjo Yogyakarta

               
Semua anak saya adalah ASIholic. Semuanya penikmat ASI rata-rata hampir dua tahun penuh. Jika bepergian mereka tetap menyusu. Biasanya sih saya ‘seludupkan’ mereka ke dalam jilbab jadi tidak terlihat dari luar. Dan jika memungkinkan saya selalu mencari ruang menyusui. Makanya kalau bepergian bawaanya. Yang pasti tisu basah Cussons dan cologne ga pernah ketinggalan. Biar seger.




Bicara tentang ruang menyusui di Indonesia. Menurut saya sih kebanyakan fasilitas ruang menyusui yang dimiliki oleh pihak swasta biasanya lebih nyaman. Semisal nursing room yang ada di Mall di Jakarta atau di Jogja. Beberapa Mall di Yogyakarta, ruang menyusuinya cukup memadai. Bahkan ada yang nyaman banget. Sofanya empuk, dilengkapi AC dan wastafel air dingin dan air panas. Enak banget pokoknya.


Berbeda dengan ruang menyusui di tempat-tempat wisata atau pasar-pasar besar. Seringnya kurang tertutup dan ehm, pengap. Tetapi itu mendingan lo. Ada banyak pasar besar yang tidak menyediakan ruang menyusui. Padahal saya lihat banyak pembeli adalah ibu-ibu yang membawa bayi-bayi mereka. Tahukan ya kalau para bapak itu paling malas kalau diajak belanja.


Yang paling luar biasa itu adalah Pasar yang menyediakan nursing room yang nyaman. Salah satunya itu adalah Pasar Beringharjo Yogyakarta. Yups, pasar ini menyediakan ruang menyusui yang lumayanlah. Terletak bersebelahan dengan Masjid Muttaqien Pasar Beringharjo.


Saya sudah tahu sejak beberapa tahun yang lalu jika Pasar Beringharjo memeiliki nursing room. Lebih tepatnya ruangan khusus untuk ibu dan anak yang dapat di akses secara gratis. Terletak tepat bersebelahan dengan Masjid Al Muttaqien Pasar Beringharjo. Atau disebelah selatan pasar Beringharjo. Mudah ditemukan sebenarnya karena ada plang besar bertuliskan Ruang Sahabat Ibu dan Anak. Jadi kalau sedang liburan Ke Yogyakarta dan memborong batik di Pasar Beringharjo mampirlah ke nursing room ini. Oia kemarin saya datang kepagian karena nursing room baru buka jam 08.30 pagi. Iya juga sih karena pasar beroperasi jam sembilanan.




Bicara tentang Nursing room ada event Cussons Bintang Kecil 4 nih yang gencar mengkampanyekan ruang menyusui untuk ibu. Jadi nantinya dari setiap foto atau video yang masuk ke Cussons Bintang Kecil 4 artinya turut pula menyumbang sebesar 500 rupiah untuk pengembangan ruang menyusui di Indonesia. Whuaaaa keren banget ya gerakannya. 
Informasi bisa dilihat di sini ya:
-              FB:  https://www.facebook.com/CussonsMumMe.Id/
-           TW: https://twitter.com/cussonsmumme_id
-           Web : http://cbk.cussonsbaby.co.id/
Nah mumpung masih lama detlennya. Ayo segera kirim foto atau video si kecil yang berumur 0-6 tahun sebelum 6 Januari 2016 ya contoh foto-fotonya bisa di lihat disini . Informasinya bisa dilihat disini nih.



Menyepi Diantara Buku dan Panah




Hidup sebagai ibu tidak melulu mengurus anak dan suami. Diri kita sendiri butuh hak. Sebelum membahagiakan orang lain paling tidak diri kita bahagia dulu. Dan satu hal kebahagian itu tidak di dapat tapi di buat.
Hal paling sederhana untuk membuat saya bahagia adalah membaca buku dan memanah.





Membaca buku bagus itu makanan bagi jiwa. Banyak hal yang menginspirasi yang saya dapat dari buku. Mulai dari tips mendidik anak, resep masakan sampai tips kepenulisan dan dunia blogging saya dapat dari membaca buku. Bahkan saya memberi reward bagi diri saya jika tulisan saya ada yang dimuat di media cetak atau menang lomba penulisan pasti saya akan membeli buku. Memberi hadiah untuk diri sendiri itu tidak butuh komentar orang lain. Itulah kenapa saya dan suami senang berakhir pekan di toko buku.





Rasanya ‘plooong’ ketika saya melepas anak panah dari busurnya. Ketika saya menarik tali busur kemudian melepaskannya dengan penuh konsentrasi, kata suami, saya terlihat cantik. Hahaha. Mungkin efek energik berpadu dengan konsentrasi penuh, halagh. Saya sadar olahraga favorit saya ini tidak sepopuler olahraga lain. Jangan salah, memanah itu keren lo. Perpaduan kekuatan, keanggunan plus eksotik. Coba lihat Katniss Everdeen di film Mockingjay. Keren kan kalau dia pegang panahnya. Olahraga panahan yang saya geluti adalah panahan tradisional atau jamparingan di Yogyakarta. Memanah itu juga tidak melulu soal tepatnya anak panah kita pada sasaran tetapi soal RASA. Itu kata pelatih saya seorang abdi dalem di Puro Pakualaman Yogyakarta. Memanah itu mengajari kita tentang sabar, fokus pada tujuan, melatih kekuatan, mengajari kita untuk konsentrasi dan terakhir bersyukur atas apapun hasil yang kita dapat.



#MengapresiasiDiriSendiri





Emotional Bonding dengan Pijat Bayi



Tumbuh Dengan Cinta Dengan Pijat Bayi


Di rumah kami saat ini bintangnya adalah Miqdad. Suaranya yang ‘wawawawa’ ditambah air liur yang kadang ikut balapan dan gerakannya yang tak bisa diam menjadi hiburan orang-orang dirumah. Umurnya belum genap setahun tapi sudah bisa jalan. Lucunya minta ampun. Makannya banyak. Semua mau. Bahkan daun bayam dicampur ikan asin plus nasi yang diblender saja Miqdad doyan kok, hahaha. Emaknya emang kebangetan kalau ini.

Sudah gitu anaknya murah senyum. Di apa-apain cuman jerit-jerit kegelian nahan ketawa. Apalagi kalau bangun tidur. Meskipun bau ‘asem’ yang nyium sudah antri. Apalagi kalau sudah mandi. Tambah rebutan yang mau nyium. Semua anak saya ketika masih bayi mengalami rutinitas yang namanya dipijat sebelum mandi. Buat saya sih memijat bayi semacam candu. Hahaha. Memijat bayi itu bisa menumbuhkan emotional bonding antara ibu dengan anak. Ga perlu bayi di bawa ke tukang pijat bayi sebenarnya. Karena memijat bayi itu tidak seperti memijat orang dewasa yang biasanya dengan tenaga ‘kuda’ eh tenaga penuh maksudnya biar kerasa. Memijat bayi itu lebih banyak pada elusan sih menurut saya tapi di beri sedikit tekanan. Oia tekannanya tidak bertenaga tapi tenaga cinta, ihir.




Hal yang perlu di siapkan sebelum memijat
1.     Bayi dalam keadaan sehat tidak sakit
2.     Usahakan perut bayi kenyang
3.     Lepaskan perhiasaan yang ada di tangan ibu. Semisal cincin atau gelang
4.     Gunakan minyak atau lotion khusus bayi dan harus sudah dikenal sebagai produsen khusus produk-produk bayi. Biasanya saya pakai produk dari Cusson. Dari zaman anak pertama sampai Miqdad saya pakai Cussons.
5.     Siapkan alas yang bersih dan lembut


Gimana sih memijat bayi?. Sebenarnya banyak buku panduan memijat bayi. Bahkan tutorial pijat bayi juga banyak di Youtube. Suka banget ngeliat tutorial pijat bayi. Apalagi kalau bayi-bayi bule hohoho. Jadi pengen nyiwel. Untungnya Miqdad juga kayak bule, keselek, hahaha.
Memijat bayi itu yang terpenting sih adalah sentuhan ibu ke bayi. Jadi semua bagian tubuh bisa di elus. Perhatian khusus diberikan pada pijatan di bagian perut dan kepala. Tidak asal pijat gitu. Oke sip.



Sebelumnya kita oleskan dulu baby oil  Cussons ke tubuh bayi tetapi hindari bagian mata dan mulut. Nah mari kita mulai pijat memijat kita J
1.     Bagian kaki.
Pijat seperti memeras pakaian. Ah gimana dong, emaknya ga pernah nyuci pake tangan. Biasa nyuci pake mesin. Aish, ga usah bilang-bilang. Apa sih susahnya meras pakaian. Meras isi dompet si bapak aja sanggup, masak pijat bayi ga bisa. Hahaha. Lakukan dengan perlahan. Bergantian kaki tangan dan kaki kiri ya bu.
Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul kemudian kembali. Kemudian, pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari-jemarinya. Pakai jempol saat mengusap bagian bawah kakinya dari tumit ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.

2.      Bagian tangan
Bagian tangan sama seperti memijat kaki bayi. Seperti gerakan memijat kaki bayi. Tetapi dengan perlahan dan lembut. Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangan yang lain. Pijat turun naik mulai dari ujung sampai ke pangkal lengan, kemudian pijat telapak tangannya dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.
3.     Bagian dada dan punggung
Pijatan berbentuk seperti hati. Dari hati yang besar sampai kemudian mengecil. Telungkupkan bayi di atas lantai di atas kedua kaki dan gerak-gerakan kedua tangan naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya.

4.     Bagian perut
Lakukan pijatan bagian perut dengan hati-hati ya bu. Gunakan ujung jari tangan Anda, buat pijatan-pijatan kecil melingkar. Gunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I). Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (hurufL). Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

5.     Cara Pijat di Kepala dan Wajah Bayi.
Angkat bagian belakang kepala bayi dengan kedua tangan dan usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari. Kemudian, gosok-gosok daun telingannya dan usap-usap alis matanya, kedua kelopak matanya yang tertutup, dan mulai dari puncak tulang hidungnya menyeberang ke kedua pipinya. Pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.
Peregangan
Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya. (Peringatan: Gerakan ini bisa membuat membuang gas). Selain itu, pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Ini juga membuat menyembuhkan sakit perut.
(Tutorial pijat bayi bisa dibaca di bidanku.com)
Nah itu sih cara sederhana saya menumbuhkan emosional bonding dengan Miqdad. Kalau rajin bisa di lakukan setiap hari sebelum mandi pagi atau sebelum mandi sore. Tetapi seminggu dua kalipun sudah cukup kok.
Asyiknya kalau habis dipijat gini Miqdad itu jadi enak banget anaknya. Mungkin badannya jadi seger jadi bikin emaknya nafsu buat foto-foto. Hahaha. Habis ceria banget sih jadi keliatan ganteeeng banget. Duh, anak siapa sih ini. Hahaha.
Senengnya foto-foto bayi sehat dan ceria kayak gini bisa diikutin di Cussons Bintang Kecil 4 lo. Duh hadiahnya bikin ngiler, total 1 milyar Maaak. Bisa buat biaya pendidikannya nanti. Udah gitu sekarang ga cuman foto tapi juga ada kategori lomba videonya. Wah asyik banget kan.
Informasi bisa dilihat di sini ya:


-              FB:  https://www.facebook.com/CussonsMumMe.Id/
-              TW: https://twitter.com/cussonsmumme_id
-              Web : http://cbk.cussonsbaby.co.id/
Ayo buruan ibu-ibu lomba foto dan video ini berlangsung sampai 10 Januari 2016 lo. Langsung kunjungi saja ke http://cbk.cussonsbaby.co.id.