Rubella Day and Rubella Weeks for Rumah Ramah Rubella


Rubella Day and Rubella Weeks for Rumah Ramah Rubella




Pertemuan saya secara dekat dengan anak-anak yang terinfeksi TORCH adalah tahun 2008. Saat itu saya mengantar putri saya untuk fisioterapi di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Putri saya saat itu alergi pada suhu dingin yang menyebabkan batuk berkepanjangan. Nah saat di ruang fisoterapi saya bertemu seorang ibu dan putri cantiknya. Gadis kecil itu berusia sekitar 18 bulan kalau tidak salah. Ia mengalami beberapa gangguan motorik. Ibunya bercerita anaknya terinfeksi virus TORCH ketika masih di dalam kandungan. Saya yang awam berpikir TORCH itu identik dengan virus yang di bawa oleh kucing (sok tau banget ya). Ternyata virus itu tidak hanya berhubungan dengan kucing saja lo. Banyak hal yang saat ini yang kita salah pahami tentang virus TORCH. Saya sendiri bersyukur atas karunia Allah dengan putra-putri yang sehat. Tetapi keinginan untuk mempelajari banyak hal tetap selalu saya kobarkan.
Saya sempat gugling di internet tentang virus ini. Tetapi tetap saja bertemu langsung dengan ahlinya dan para ibu yang pernah terinfeksi jauh lebih banyak memberi informasi. Nah, dengan berdirinya Rumah Ramah Rubella yang didirikan mak Gracie Melia ini sangat membantu masyarakat awam seperti saya. Apa itu Rumah Ramah Rubela. Ini sedikit informasi yang saya copas dari FB. RumahRamahRubella :
RUMAH RAMAH RUBELLA
Rumah Ramah Rubella adalah komunitas terbuka yang diperuntukkan khususnya bagi para orang tua dengan anak yang terkena Congenital Rubella Syndrome. Orang tua yang sekedar ingin tahu apa itu Congenital Rubella Syndrome dan dampaknya atau ingin tau tentang fisioterapi, pengasuhan, dll dari anak yang spesial juga boleh bergabung. Di sini kita semua berbagi, belajar, dan berkeluh kesah bersama.

'Rumah' adalah suatu tempat di mana kita merasa diterima oleh keluarga kita. 'Ramah' adalah attitude yang diharapkan antar sesama anggota keluarga. 'Rubella' mengacu pada Congenital Rubella Syndrome yang saat ini menjadi concern kita.

Jadi, harapannya adalah di Rumah Ramah Rubella ini kita tidak merasa sendiri melainkan memiliki sebuah keluarga yang sama-sama berjuang untuk melawan Congenital Rubella Syndrome dan membantu menyadarkan masyarakat tentang bahaya virus Rubella dan pentingnya tes TORCH serta vaksin MMR untuk mencegahnya.

Dan agar komunitas Rumah Ramah Rubella ini lebih berkembang dan lebih banyak luas lagi jangkauannya. Saya punya usul.
# adakan Rubella Day atau Rubella Weeks
jadi di buat kampanye Rumah Ramah Rubella pada satu hari khusus. Satu hari khusus dimana RRR membuat pertemuan langsung dengan masyarakat. Rubella Day itu bisa diisi dengan seminar tentang Rubella oleh para ahli, workshop terapi untuk anak-anak yang terinfeksi virus Torch, bagi-bagi brosur pada masyarakat atau bagi-bagi bunga.
Jika itu Rubela weeks maka  bisa ditambah dengan pameran, bazaar, pojok konsultasi langsung dengan ahlinya dan kopdar para ibu dan anak-anak yang terinfeksi Rubela. Hal ini pasti luar biasa bermanfaat. Para orang tua bisa saling menyemangati dan orang awam bisa mendapat informasi yang benar.
Mungkin ini ide saya buat kemajuan Rumah ramah Rubella mak Gracie Melia. Semoga berkenan dan bermanfaat. Salam sayang untuk Ubii. Saya akan selalu bersedia membantu jika ada yang bisa saya bantu.


5 komentar

  1. I love the idea! Semoga bisa terealisasi ya Mak. Amin. Abis ngepo FB mak Irul, di Jogja juga ya? Wah boleh nih diajak kalau nanti RRR ada acara. Hohoho. Btw, ultah kita sama loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak...diriku di jogja. ayoo kopdar :)

      Hapus
  2. oke punya mak sarannya ^^

    BalasHapus
  3. mak Arifah ayoo ikutan sumbang saran :)

    BalasHapus
  4. idenya bagus bikin orang supaya ingat tentang rubella "rubella day"

    BalasHapus