Kisah Nenek Tua dan Umar bin Khattab


Kisah Nenek Tua dan Umar bin Khattab



Seorang janda tua tinggal di pinggir kota Madinah. Nenek tersebut buta dan sangat miskin. Harta yang ia miliki hanya seekor domba, sebuah baskom dan sehelai tikar yang lusuh termakan usia.


Sedikit orang yang tahu keadaan janda tersebut, salah satunya Umar bin Khattab. kondisi wanita tersebut membuatnya iba. Oleh karenanya, tiap malam, Umar mengunjungi wanita tersebut guna membawakan makanan dan membereskan rumah.


Suatu kali, saat berkunjung, rumah sudah dalam kondisi bersih dan rapi. Ternyata ada orang lain yang menyelesaikan tugas-tugasnya. Esok harinya, Umar kembali datang dan menemukan bahwa ia kembali terlambat. Seseorang telah datang lebih awal guna mengurus nenek tersebut. Umar pun heran dan bertanya dalam hati, siapakah yang telah membantu dan mengurus nenek tua tersebut.
Besok harinya, umar datang lebih awal. Ia tidak langsung masuk rumah tapi bersembunyi agak jauh sambil mengamati orang yang datang. Tak lama kemudian, seorang pria muncul dan mengetuk pintu. Tahukah anda siapa dia? Pria itu adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Seperti itulah sikap para shahabat, saling berlomba dalam menolong orang yang membutuhkan. Semoga sikap mereka dapat kita jadikan contoh dan teladan :)
Majalah ar-risalah

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.