Jumat, November 30, 2012

Akhirnya Negara Seluruh Dunia Menyatakan Palestina Sebagai Sebuah Negara Berdaulat

Akhirnya Negara Seluruh Dunia Menyatakan Palestina Sebagai Sebuah Negara Berdaulat

                   GAZA – Rakyat seluruh Palestina berpesta di Jalur Gaza, dan di berbagai pelosok negara Palesrina Jumat (30/11/2012) tengah malam tadi, untuk menyambut kabar gembira yang sangat ditunggu-tinggu bertahun-tahun, pengakuan PBB terhadap status negara Palestina. Putusan telak Sidang Majelis Umum PBB diambil sesudah voting Anggota PBB di markas PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Kamis (29/11/2012).
Pengamatan dari sumber media onlinedetikcom di Gaza, Palestina, Rakyat Gaza tumplek ke jalan tidak lama setelah Negara Palestina yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas telah sebagai suatu negara yang berdaulat. Sontak kabar mengharukan ini diapresiasikan dengan cara merayakan penetapan Palestina seperti warga Jakarta merayakan acara tahun baru. Warga turun ke jalan. Sebagian dari mereka membawa mobil, motor dan membunyikan klakson sepanjang perjalanan menuju pusat kota. Bunyi petasan besar maupun kecil terdengar menggaung di seantero Palestina khusunya Gaza. Warga Gaza berpawai di jalan-jalan pusat kota. Banyak diantara mereka membawa berbagai tulisan yang ditumpahkan dalam spanduk dan beberapa bendera yang beragam warna.
             Bendera berwarna kuning Fatah mendominasi jalanan Gaza. Tapi tidak sedikit terlihat bendera hijau Hamas sang Oposisi Palestina segaligus musuh Israel, berkibar bebas di jalanan. Selain kedua bendera itu, ada juga bendera warna merah. Tidak terlihat ada perbedaan, semua masyarakat Gaza tengelam dalam euforia ini.
Salah satu warga bernama Husein mengatakan bahwa kemenangan ini tidak hanya sebuah kemenangan Fatah atau Hamas. Ini adalah kemenangan bersama seluruh Palestina.
“Bukan hanya Fatah, ataupun Hamas, ada juga partai lain yang larut dalam kegembiraan ini. Tak ada perbedaan, ini adalah kemenangan seluruh Palestina,” ujar Husein dengan bahasa Inggris yang terbata-bata.
           Riuh perayaan ini tidak hanya terjadi di Gaza. Perayaan yang lebih meriah malah terjadi di Ramallah, Ibu Kota Tepi Barat. Seluruh Rakyat Palestina menyambut penetapan PBB ini. Walaupun belum menjadi anggota sepenuhnya, Palestina bisa bergabung dengan badan-badan PBB dan berpotensi bergabung dengan Mahkamah Pidana Internasional yang akan secara tidak langsung bisa mengadukan hal ini tentang kekejaman Israel terhadap mereka.
           Perkara tersebut merupakan langkah lebih maju diplomasi Palestina untuk memperoleh pengakuan kemerdekaan yang benar-benar bonafit, kredibel dan sangat berdaulat dimata negara manapun tak terkecuali Israel dan para sekutunya.
Semoga kedepan lebih baik, tiada peperangan lagi, dan Hamas bisa menahan diri lebih dalam. Sedangkan Israel bisa lebih mau diajak berunding untuk tercapainya nohkta perdamaian diantara kedua belah pihak. Semoga saja sepakat.
Selamat Palestine, Rakyat Indonesia Mendukungmu.
Sumber : detik.com solopos.com dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar